KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS MENGGUNAKAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X TKJ 1 SMK BHINNEKA KARAWANG
Abstract
ABSTRAK
Semua peserta didik memiliki kemampuan membaca yang berbeda-beda sebab sudah tentu setiap peserta didik memiliki tingkatan kecepatan dan pemahaman masing-masing dalam membaca. Fenomena maraknya berita bohong yang belakangan ini gempar di dunia maya juga menjadi alasan bahwa perlunya meningkatkan keterampilan membaca kritis pada setiap peserta didik mulai dari sekarang. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara tersirat maupun tersurat. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca kritis siswa dengan menggunakan teks eksposisi sebagai acuan atau tolak ukur dalam menentukan kemampuan membaca kritis. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru yang bersangkutan dan observasi langsung ke sekolah memang terdapat bahan pengajaran mengenai hal tersebut, tetapi tidak terlalu mendalam. Oleh karena itu, bahan ajar atau metode yang digunakan pada saat observasi menggunakan teks eksposisi dan soal berbentuk pilihan ganda dan esai untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan daya kritis peseta didik agar dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis khususnya pada siswa kelas X TKJ 1 SMK Bhinneka Karawang. Bahan ajar atau pengajaran yang dilakukan dalam kelas menggunakan teks eksposisi yang memang memiliki tahap dan syarat dalam menentukan teks tersebut untuk dijadikan bahan ajar teks membaca kritis. Dalam membaca kritis ini dipastikan harus melewati proses membaca pemahaman, yang mana setelahnya baru dapat memberikan pendapat mengenai teks yang dibacanya. Hasil dari penilaian observasi tersebut menggambarkan bahwa sebagian besar siswa sudah mampu membaca kritis. Teks soal yang diberikan pun telah diuji dengan keterbacaan teks sesuai kelas peserta didik tesebut. Maka, tentu dengan menggunakan teks eksposisi yang menitikberatkan terhadap kefokusan dalam menginterpretasi suatu informasi sangat membantu peserta didik dalam meningkatan keterampilan membaca kristis. Kata kunci: membaca kritis, teks eksposisi, kemampuan, peserta didik, observasi.