Mengetahui Tingkatan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Karawang Barat Melalui Tes Tulis Berupa Teks Cerpen

Authors

  • Dinar Sukmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lilis Lisda Suryani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resti Lisdaningsih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nurul Falah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri Evita Alya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Qurotul Aini Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK Membaca adalah kegiatan yang dapat merubah, dengan membaca kita dapat berubah cara pandang, cara pikir dan cara bagaimana kita memperlakukan sesuatu. Zaman sekarang siswa SMP sudah di haruskan berpikir kritis , karena mulai marak adanya fenomena-fenomena baru  dan banyak inovasi-inovasi. Hal tersebut harus sudah ditanamkan kepada generasi muda. Maka dari itu kami melakukan observasi dalam mengetahui tingkatan membaca pemahaman pada siswa SMP. Observasi bertujuan untuk mengetahui tingkatan membaca pemahaman. Memiliki kemampuan membaca pemahaman di harapkan bahwa siswa dapat memahami bahan bacaan yang mereka baca dan setelah paham akan bacaan, mereka dapat menyimpulkan maksud dan mengemukakan maksud dengan cara yang bijaksana dan dapat berpikir kritis dalam menghadapi fenomena dan inovasi sekarang. Metode yang kami gunakan dalam observasi kali ini adalah menggunakan “Metode Deskriptif Kualitatif. " Metode deskriptif merupakan suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki."  Nazir (1988). Bedasarkan obserasi yang kami lakukan dengan memberikan tes tulis yang berupa teks cerpen dan terdiri dari sepuluh pertanyaan, kami menemukan bahwa tingkatan membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMPN 3 Karawang Barat 64,71% kemampuan siswa kurang. Jika kami menyambungkan dengan hasil tingkatan kemampuan siswa yang rendah dengan siap atau tidaknya siswa menghadapi, menanggapi atau bahkan menyelesaikan fenomena dan masalah yang terjadi dan akan terjadi kami menyimpulkan bahwa siswa belum siap karena beberapa faktor masalah. Kata kunci : observasi, membaca pemahaman, cerpen, siswa SMP

Downloads

Published

2020-01-13