KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN
Abstract
ABSTRAK
Suatu bacaan bisa memiliki dampak bagi pembaca, tergantung pembaca bisa memahami atau tidak. Hal ini berbanding lurus dengan kemampuan membaca (kesanggupan memahami isi) seseorang. Kegiatan membaca pemahaman lebih diarahkan pada keterampilan dan menguasai isi bacaan. Penulis melakukan penelitian membaca pemahaman menggunakan cerpen melalui analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita pendek. Kegiatan membaca cerpen di kalangan SMP sangat meningkat, tetapi mayoritas siswa membaca cerpen, bukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, melainkan bertujuan untuk memperoleh kesenangan saja. Selain itu cerita pendek merupakan karya sastra, yang mana karya sastra ini memiliki banyak manfaat seperti mengembangkan karakter, sarana pembelajaran bahasa, dan lain-lain. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, melalui analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen yang akan dilaksanakan penelitian di SMP Islam Terpadu Al-Mujahidin. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Al-Mujahidin, Telukjambe Barat, Kab. Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskrptif. penelitian ini berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data-data. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya: aspek yang diobservasi, wawancara, tes tulis melalui dua sesi, yaitu tes tulis pertama, dan tes tulis kedua yang telah disajikan dan diberikan kepada siswa, sehingga tergambar tujuan yang dimaksud. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, siswa dapat menjawab unsur instrinsik dan ekstrinsik cerpen dengan baik dan benar. Kata kunci: Membaca, membaca pemahaman, kemampuan membaca, cerpen, unsur instrinsik, unsur ekstrinsik