PEMAHAMAN ISI TEKS EKSLANASI DENGAN MEMBACA KRITIS PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 6 KARAWANG
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan membaca merupakan suatu komponen keterampilan berbahasa yang sangat penting dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Menurut Tarigan membaca merupakan meningkatkan serta memperkaya kosa kata, pemahaman umum, serta pemilihan ide-ide para pelajar. Penelitian bersifat deskritif kualitatif yang dijelaskan sendiri menurut pendapat pribadi dan beberapa disadur dari orang lain yang kemudian diolah secermat mungkin. Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas XI IPA 1 SMAN 6 Karawang ialah memahami teks eksplanasi. Teks ini biasanya tentang teks kalimat penjelas dan menjelaskan informasi berdasarkan fakta-fakta yang diteliti. Dalam soal berjudul “Permukiman Kumuh†disertakan lima pertanyaan mengenai pemahaman mereka tentang isi teks judul tersebut. Peneliti memberikan waktu kepada siswa selama 60 menit untuk menjawab pertanyaan. Dari sebanyak 30 siswa/i hanya delapan siswa yang memiliki perbendaharaan kata yang cukup baik dan banyak, sisanya sebanyak 22 siswa/I memiliki perbendaharaan kata yang sangat sedikit dalam menjawab dua dari soal yang diberikan. Kedua soal tersebut yaitu:1. Menurut Anda, tantangan terbesar apa yang dihadapi pemerintah daerah untuk menertibkan permukiman kumuh? 2. Jika Anda menjadi Bupati Karawang, apa upaya Anda untuk mengatasi banyaknya permukiman kumuh di Karawang?. Dari 30 siswa/I 25 orang diantaranya sudah lancar memahami isi teks bacaan. Artinya, lima siswa masih kesulitan dalam membaca isi teks bacaan yang telah diberikan. Kesulitan yang mereka alami yaitu terbata-bata dalam membaca seluruh isi teks bacaan. Kata Kunci: Teks Eksplanasi, XI IPA 1 SMAN 6 KARAWANG, Kosakata, Kemampuan Membaca