PENERAPAN METODE AVIKS BERORIENTASI CERITA FABEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN

Authors

  • Nabilah Shazkya Farid Hilabi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alya Aghata Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yerika Septiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bambang Waki Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kika Rizkia Sukmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fajar Darmawan Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK

Metode Aviks adalah rangkaian dari beberapa media diantaranya, audio, visual dan kinestetik. Cerita fabel adalah cerita mengenai hewan yang berperilaku seperti manusia yang didalamnya terdapat pesan moral. Kemampuan membaca permulaan adalah kecakapan melafalkan apa yang tertulis dalam tahap awal dimana siswa baru mengenal huruf, suku kata, dan kata yang mudah. Penelitian ini bertujuan agar kemampuan membaca siswa kelas II A SDN Karangpawitan 3 meningkat dan lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga materi dapat disampaikan dengan baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah mayoritas siswa dapat membaca huruf, suku kata, dan kata dengan baik dalam test yang diberikan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode Aviks berhasil meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas IIA. Kata kunci: Metode Aviks, Cerita Fabel, kemampuan membaca permulaan.

Downloads

Published

2020-01-13