PENERAPAN METODE AVIKS BERORIENTASI CERITA FABEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
Abstract
ABSTRAK
Metode Aviks adalah rangkaian dari beberapa media diantaranya, audio, visual dan kinestetik. Cerita fabel adalah cerita mengenai hewan yang berperilaku seperti manusia yang didalamnya terdapat pesan moral. Kemampuan membaca permulaan adalah kecakapan melafalkan apa yang tertulis dalam tahap awal dimana siswa baru mengenal huruf, suku kata, dan kata yang mudah. Penelitian ini bertujuan agar kemampuan membaca siswa kelas II A SDN Karangpawitan 3 meningkat dan lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga materi dapat disampaikan dengan baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah mayoritas siswa dapat membaca huruf, suku kata, dan kata dengan baik dalam test yang diberikan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode Aviks berhasil meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas IIA. Kata kunci: Metode Aviks, Cerita Fabel, kemampuan membaca permulaan.