PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TKR 1 SMK 1 PGRI KARAWANG MELALUI APRESIASI CERPEN

Authors

  • Nining Nursakinah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fitria Ramadani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Sabrina Akhmad Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Ali Syariat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK
Cerpen merupakan cerita pendek yang di dalamnya terdapat unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik, dimulai dengan pengenalan tokoh, adanya konflik serta penyelesaiannya. Di dalamnya juga terdapat nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil. Apresiasi cerpen merupakan tindakan untuk memahami, mengenal dan menikmati karya sastra. Banyak orang yang meremehkan bacaan dari cerpen dan kurangnya minat untuk membaca. Sedangkan banyak manfaat dari membaca, bukan hanya menambah pengetahuan. Namun, dari beberapa siswa ada yang belum memiliki kemampuan memahami isi dari teks cerpen. Salah satunya terdapat siswa yang belum mampu memahami nilai apa yang terkandung dalam teks cerpen. Dengan adanya hal tersebut maka harus digiatkan kegiatan literasi di sekolah terutama membaca pemahaman. Banyak keunggulan dari membaca, yaitu memperkaya kosa kata, dapat mengetahui karakter dan memperluas imajinasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana siswa paham dengan teks cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data primer yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Data lalu dianalisis sehingga tergambar tujuan penelitian yang dimaksud. Bersumber pada hasil penelitian, banyak siswa yang belum memahami isi teks cerpen tersebut. Kata Kunci :Cerpen, Membaca Pemahaman, Kemampuam Membaca Pemahaman, Penggiatan Literasi di Sekolah

Downloads

Published

2020-01-13