KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DALAM APRESIASI TEKS CERPENBERLIAN TIGA WARNA SISWA KELAS VIII C SMP ISLAM NURUL FALAH YASPIN

Authors

  • Santi Kusmayanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bayu Yudhia Universitas Singaperbangsa Karawan
  • Iis Ismawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yovitan Maulidyarsih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Veronika Oktavia Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK
Membaca merupakan kegiatan untuk mendapatkan informasi melalui lambang-lambang bacaan. Sedangkan membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang dilakukan untuk memahami atau mengetahui isi bacaan secara menyeluruh. Cerpen atau cerita pendek adalah karya berbentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek dalam bentuk penulisannya yaitu singkat, cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang bahkan memiliki seri. Sayangnya, membaca pada siswa kurang diminati belakangan ini. Siswa lebih tertarik pada aplikasi-aplikasi terbaru yang berada di gawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman membaca siswa kelas VIII C di SMP Islam Nurul Falah Yaspin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, responden dalam penelitian ini sebanyak 37 orang siswa kelas VIII C SMP Islam Nurul Falah Yaspin. Hipotesis diformulasikan dan diuji dengan menggunakan teks cerita pendek berjudul Berlian Tiga Warna. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Berdasarkan pengujian tes tulis, ditemukan bahwa terdapat beberapa siswa kurang dalam memahami bacaan. 2). Berdasarkan pengujian tes tulis, ditemukan bahwa terdapat beberapa siswa yang antusias dalam membaca cerita pendek. 3). Berdasarkan pengujian tersebut, dapat ditemukan kendala-kendala siswa dalam memahami bacaan. Kata kunci: Pembelajaran Membaca Pemahaman, Kemampuan Membaca Pemahaman, Sastra Cerpen

Downloads

Published

2020-01-13