ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BERBANTUAN TEKS CERPEN DI KELAS VIII F SMP NEGERI 1 TELUKJAMBE TIMUR

Authors

  • Siti Faridah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Risma Widi Astutik Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nadya Salsabila Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Aliyah Febriana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Afifah Nurfaida Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

ABSTRAK

Membaca merupakan kunci dari segala pengetahuan yang dimiliki manusia. Namun, zaman sekarang membaca sangat kurang peminatnya. Padahal kegiatan membaca mudah dilakukan dan tidak akan merugikan manusia. Dikarenakan perubahan zaman semakin canggih, banyak orang yang terlena oleh gawai, dari anak kecil hingga kaum dewasa. Pengaruh gawai yang sangat luar biasa melekat dalam kehidupan banyak orang, sehingga minat membaca mereka terhadap karya sastra sangat minim. Membaca yang dilakukan kebanyakan hanya sekadar membaca, mereka terkadang tidak memahami apa yang mereka baca. Membaca dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang, misalnya dengan membaca salah satu karya sastra, seperti cerpen. Karya sastra kaya akan keunggulan, antara lain membentuk moral, sebagai sarana dalam sebuah pembelajaran bahasa, dan lain-lain. Cerpen dikenal dengan salah satu karya sastra fiksi yang isi ceritanya tidak terlalu panjang, sehingga dapat dijadikan sebuah pemecahan masalah yang dapat dipilih sebagai pembelajaran, terutama pembelajaran dalam Kemampuan Membaca Pemahaman. Cerita pendek yang banyak digemari ini sangat berperan penting dalam kegiatan membaca pemahaman. Sebetulnya tidak hanya cerita pendek saja yang dapat dijadikan pemecahan masalah dalam suatu pembelajaran membaca pemahaman ini, masih banyak teks sastra lainnya yang dapat digunakan. Tujuan dalam penelitian yang kami laksanakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menggunakan teks cerpen pada siswa kelas VIII F di SMP Negeri 1 Telukjambe Timur. Metode penelitian yang digunakan oleh kami adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang kami gunakan berupa hasil jawaban dari tiap kelompok siswa dan jawaban dari setiap individu. Data yang kami peroleh tersebut dianalisis kemudian dideskripsikan sehingga tujuan penelitian yang kami maksud dapat tergambarkan. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa siswa yang masih belum memahami apa yang dibaca. Kata Kunci: Sastra Cerpen, Pembelajaran Membaca Pemahaman

Downloads

Published

2020-01-13