PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BINAKARYA PROPERTINDO GROUP PERIODE 2015-2017

Authors

  • Agrasadya Agrasadya Universitas Pamulang
  • Yanita Yanita Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Binakarya Propertindo Group. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada Binakarya Propertindo Group, sedangkan penggambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling probability, dengan perhitungan rumus slovin maka jumlah sampel yaitu sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data dengan metode pengumpulan data primer (observasi, kuesioner ), data sekunder dan metode analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, ujianalisis linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t, uji F.
Dari hasil perhitungan koefisien korelasi terdapat hubungan antara variabel motivasi kerja terhadap kinerja sebesar 0,610 yang termasuk kategori kuat, terdapat hubungan antara variabel disiplin kerja terhadap kinerja sebesar 0,675 termasuk kategori kuat, dan terdapat hubungan antara variabel motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja sebesar 0,705 yang termasuk kategori kuat. Adapun dari persamaan regresi linear berganda yaitu Y = a + b1X1 + b2X2. Adapun hasil koefisien determinasi dapat diketahui hubungan motivasi kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja karyawan dan nilai koefisien deteminasi (R2) yang diperoleh 0,497 dengan demikian motivasi kerja dan disiplin kerja memberikan kontribusi terhadap kinerja karyawan sebesar 0,497 atau 49,7% dan sisanya sebesar 0,503 atau 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,542 >1,991) sesuai dengan kriteria thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Binakarya Propertindo Group. Untuk hasil uji t antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai t hitung > t tabel (4,371 > 1,991) sesuai dengan kriteria thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Binakarya Propertindo Group. Sedangkan untuk hasil uji F diperoleh nilai F hitung > F tabel (38,095 > 3,12) sesuai dengan kriteria Fhitung ≥ Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja karyawan pada Binakarya Propertindo Group.
Kata kunci :Motivasi kerja, Disiplin kerja, Kinerja karyawan

Downloads

Published

2020-01-23