PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MITRA JAYA ABADI BERSAMA JAKARTA PUSAT

Authors

  • Akhmar Barsah Universitas Pamulang
  • Imam Fauzan Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya organisasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT Mitra Jaya Abadi Bersama Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat kuantitatif dengan bentuk Assosiatif (kausal).
Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada PT Mitra Jaya Abadi Bersama, Jakarta Pusat yang berjumlah 53 orang. Teknik sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh, yang menggunakan keseluruhan populasi untuk digunakan sebagai sampel yaitu 53 orang. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.776 artinya terdapat hubungan yang kuat. Nilai sumbangsih Adjusted R Square variabel-variabel bebas yaitu budaya organisasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan sebesar 0.586 atau 58.6% artinya pengaruh sumbangsih budaya organisasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan sebesar 58.6% dan sisahnya 41.4% adalah dari faktor lain yang tidak diteliti. Secara simultan Budaya organisasi dan Kompensasi bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik yang diperoleh Fhitung > Ftabel (37.871 > 3.18) dan nilai Sig < 0.05 (0.000 < 0.05). Secara parsial budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Mitra Jaya Abadi Bersama, hal ini dilihat dari hasil uji statistik di mana thitung > ttabel (4.487 > 2.00) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Secara parsial kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Mitra Jaya Abadi Bersama, hal ini dilihat dari hasil uji statistik di mana thitung > ttabel (4.034 > 2.00) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 14.590 + 0.435 X1 + 0.396 X2, konstanta Y (Kinerja Karyawan) bernilai 14.590, koefisien regresi X1 (Budaya Organisasi) bernilai 0.435 dan koefisien regresi X2 (Kompensasi) bernilai 0.396 dapat dimaknai dalam model regresi berganda bahwa perubahan Y berjalan positif dengan adanya perubahan X dengan ketentuan variabel lainnya tetap. Jadi setiap peningkatan nilai X satu satuan akan diikuti dengan kenaikan nilai Y, begitu pula sebaliknya.
Kata kunci: Budaya organisasi, Kompensasi, Kinerja karyawan.

Downloads

Published

2020-01-23