PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. AL-ALAMAIN PUTRA NUSANTARA TOUR AND TRAVEL)

Authors

  • Ana Septia Rahman Universitas Pamulang
  • Ade Irma Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi internal pada PT. Al-alamain Putra Nusantara, untuk mengetahui kinerja karaywan pada PT. Al-alamain Putra Nusantara, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi internal terhadap kinerja karyawan pada PT. Al-alamain Putra Nusantara.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan metode penyebaran kuesioner, pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 50 responden, dengan menggunakan analisis data antara lain : Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linear Sederhana dan Uji Signifikasi.
Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar (0,633), yang terdapat pada interval koefisien korelasi kuat yaitu (0,60 – 0,799), ini artinya pengaruh komunikasi internal (X) terhadap kinerja karyawan (Y) berada pada tingkat hubungan kuat. Berdasarkan dari perhitungan koefisien determinasi (KD) diperoleh nilai sebesar 40,1%, hal ini menunjukan bahawa kontribusi penilaian komunikasi internal terhadap kinerja karyawan sebesar 40,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan dari hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 15,021 + 0,624 X yang dapat diartikan bahwa jika komunikasi internal bertambah satu-satuan maka kinerja karyawan akan bertambah sebesar 0,624 dan sebaliknya. Berdasarkan perhitungan uji t didapat ttabel yaitu 1,677, hasil thitung lebih besar dari ttabel atau (5,665>1,677), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh pengaruh yang signifikan antara komunikasi internal terhadap kinerja karyawan pada PT. Al-alamain Putra Nusantara (Tours and Travel).
Kata kunci : Komunikasi Internal dan Kinerja Karyawan

Downloads

Published

2020-01-23