PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT KARYA BOGA UTAMA

Authors

  • Bulan Oktrima Universitas Pamulang
  • Yogi Handika Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompensasi, kinerja karyawan dan pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Karya Boga Utama
Metode penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik wawancara yang dilakukan, melakukan wawancara kepada manajer dan beberapa karyawan untuk mendapatkan informasi, teknik kuesioner dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 33 responden untuk mengumpulkan data dengan meminta setiap karyawan menjawab setiap pernyataan yang tertera dalam kuesioner yang diberikan, teknik observasi dengan melakukan pengamatan langsung kepada karyawan yang sedang bekerja.
Dari hasil analisa dengan menggunakan IBM SPSS Statistik 22 diperoleh persamaan regeresi adalah Y = 21,174 + 0,387(x) artinya bahwa perubahan kinerja karyawan memiliki arah hubungan positif dengan perubahan kompensasi. Koefisien korelasi product moment diperoleh r = 0,631, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kompensasi terhadap kinerja karyawan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien determinan hasilnya adalah 37,6% hal ini berarti kinerja karyawan dipengaruhi oleh kompensasi sebesar 37,6% sedangkan sisanya sebesar 62,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak termasuk dalam kompensasi ini. Berdasarkan hasil pengujian rumus diatas maka thitung > ttabel yaitu 4,325 > 2,039 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kompensasi (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).
Kata kunci : Kompensasi dan Kinerja Karyawan

Downloads

Published

2020-01-23