PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENYEWA RUANG KANTOR DI PT ISMAWA TRIMITRA GEDUNG GRAHA ISKANDARSYAH PERIODE 2018 JAKARTA SELATAN

Authors

  • Veta Lidya Delimah Pasaribu Universitas Pamulang
  • Jaenanto Jaenanto Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dilakukan oleh PT Ismawa Trimitra Gedung Graha Iskandarsyah Periode 2018 Jakarta Selatan juga untuk mengetahui kepuasan penyewa ruang kantor digedung tersebut dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan yang dilakukan terhadap kepuasan penyewa ruang kantor di Gedung Graha Iskandarsyah Jakarta Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu melalui pendekatan, pengumpulan data dan analisa menggunakan statistik. Data yang digunakan melalui teknik observasi, wawancara, dari10 pernyataan kualitas pelayanan, 10 pernyataan kepuasan penyewa ruang kantor, dengan 41 respondensebagai sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validasi, uji realbilitas, uji regresi sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji signifikasi (uji t).
Nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan penyewa ruang kantor memperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat korelasi yang signifikan. Jika dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,873 masuk kedalam kategori sempurna dan positif karena mendekati angka 1 berarti hubungan sangat kuat artinya semakin baik pula kepuasan yang didapat dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penyewa ruang kantor dengan tingkat hubungan sebesar 3,636 dengan nilai koefisien regresi kualitas pelayanan (X) sebesar 0,944 dibuktikan juga dengan hasil thitung kualitas pelayanan (12,000) > ttabel (2,023) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,005 artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penyewa ruang kantor atau H1 diterima artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan penyewa ruang kantor di PT Ismawa Trimitra Gedung Graha Iskandarsyah Periode 2018 Jakarta Selatan Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Penyewa Ruang Kantor

Downloads

Published

2020-01-23