PELANGGAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA CIKARET BOGOR SELATAN

Authors

  • Suharni Rahayu Universitas Pamulang
  • Henna Desna Mulya Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana harga, bagaimana kualitas pelayanan, dan bagaimana kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui juga bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada penggunaan jasa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cikaret Ciapus Bogor Selatan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas IV SD – XII SMA Primagama sebanyak 60 orang yang kemudian dijadikan sampel dengan teknik sampel sampling jenuh. Pengumpulan data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis regresi linear berganda, korelasi product moment, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian data menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna jasa bimbel Primagama Cikaret Ciapus Bogor Selatan. Dari hasil uji t menunjukan nilai harga (x1) thitung (2,720) > ttabel (2,002) dan sig (0,009) < 0,05 dan kualitas pelayanan (x2) thitung (8,053) > ttabel (2,002) dan sig (0,000) < 0,05 dan dari hasil uji F secara bersama-sama antara harga (x1) dan kualitas pelayanan (x2) terhadap kepuasan pelanggan (y) diperoleh nilai Fhitung (85,035) > Ftabel (3,16) dan nilai sig (0,000) < 0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya baik secara parsial maupun simultan harga (x1) dan kualitas pelayanan (x2) terhadap kepuasan pelanggan (y) berpengaruh positif dan signifikan. Melalui pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,749 sama dengan 74,9% yang berarti harga dan kualitas pelayanan berpengaruh kuat terhadap kepuasan pelanggan. Semakin tinggi harga dan kualitas pelayanan maka akan semakin meningkat kepuasan pelanggan. Demikian pula sebaliknya.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2020-01-23