PENGARUH PERSEPSI ATAS DISIPLIN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA (SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUSAN SWASTA DI TANGERANG, BANTEN)
Abstract
Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan
menganalisis secara empiris pengaruh persepsi atas disiplin diri terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Populasi terjangkau adalah siswa dari 3 SMK swasta di tangerang-Banten, sebanyak 60 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek di dalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Rencangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan dua variable yang terdiri dari satu variable bebas, yaitu persepsi atas disiplin diri serta satu variable terikat, yaitu prestasi belajar bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan data sekunder untuk semua variable. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistic deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji linieritas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin diri terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa Hal tersebut dibuktikan dengan Fhitung =7,103 dan Sig.=0,00. Hal ini diartikan bahwa prestasi belajar bahasa Inggris dipengaruhi oleh persepsi atas disiplin diri yang dimilikinya.
Kata Kunci: Disiplin Diri, Prestasi Belajar Bahasa Inggris