ANALISIS KOTA JAKARTA SEBAGAISMART CITY DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENUJU MASYARAKAT MADANI

Authors

  • Endang Puji Astutik Universitas Pamulang
  • Gunartin Gunartin Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian iniuntukmenganalisa dan mendeskripsikan perkembangan Jakarta Smart Citytermasuk keunggulan-keunggulan dan kekurangan dari Jakarta Smart City yang dikaitkan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk menuju masyarakat madani setelah berjalan empat tahun lebih.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisa deskritif dari data yang telah dikumpulkan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisa pada tahap ini lebih banyak menggunakan data sekunder.

Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pelaksanaan komponen-komponen Jakarta Smart City seperti smart mobility, smart government, smart economy, smart environment, smart living dan smart people sudah berjalan baik serta sangat terintegrasi dengan penggunaan teknologi informasi. Di kota Jakarta juga sudah terlihat unsur-unsur masyarakat madani dengan adanya wilayah publik yang luas bebas menentukan pilihan politiknya tanpa rasa takut. Demokrasi, toleransi, pluralisme juga sudah terlihat, keadilan sosial sedang diwujudkan dengan adanya perhatian Pemprov DKI terhadap rakyatnya. Begitu pula dengan berdirinya lembaga swadaya masyarakat, pers, dan partai politik bahwa setiap warga Jakarta berhak menyalurkan aspirasinya.

Maka dapat disimpulkan perkembangan Jakarta Smart Cityyang sekarang sudah baik harus lebih baik lagi, hubungannya dengan penggunaan Teknologi Informasi sangat erat, sedangkan kekurangan dari Jakarta Smart City yaitu perkembangan inovasi teknologi informasi lebih cepat dibandingkan dengan regulasi artinya jika ada inovasi teknologi yang terkini belum bisa langsung dijalankan harus melalui sistem regulasi anggaran. Begitu pula dengan kesiapan SDM para aparat, JSC masih membutuhkan strategi untuk menyampaikan inovasi teknologi terkini kepada para aparat harus pelan-pelan dan membutuhkan waktu.Tatanan Masyarakat Madani di kota Jakarta sudah terlihat dengan banyaknya pembangunan wilayah publik yang luas serta bebas berpolitik tanpa adanya tekanan. Pemerintah, swasta dan masyarakat sudah terjalin kerjasama dalam pembangunan Jakarta yang lebih inovatif, transparan.

Kata Kunci : Smart City, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Masyarakat Madani

Downloads

Published

2020-06-02