ANALISIS PENETAPAN TARIF KAMAR DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WISMA UNIVERSITAS TERBUKA (Studi Kasus pada Wisma Universitas Terbuka)
Abstract
Wisma Universitas Terbuka adalah unit bisnis penginapan yang dikelola oleh Universitas Negeri yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPKBLU). Wiswa Universitas Terbuka melayanani penginapan para pegawai di berbagai daerah yang bertugas di kantor pusat, disamping itu juga Wiswa Universitas Terbuka menerima tamu dari masyarakat umum baik yang bersifat individu maupun korporasi. Studi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakan letak posisi bisnis, berapa tingkat penghunian kamar, sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan dan apakah dalam penetapan tarif kamar serta kualitas pelayanan yang sudah diterapkan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Wisma Universitas Terbuka. Variabel dalam penelitian ini adalah penetapan tarif kamar (X1), kualitas pelayanan (X2), dan kepuasan pelanggan (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik teknik regresi linear berganda menggunakan aplikasi MS Excel. Hasil penelitian diperoleh bahwa posisi bisnis Wisma Universitas Terbuka berada pada kuadran antara peluang dan kekuatan (S+O), tingkat penghunian kamar masih sangat rendah berkisar 5-6% maka disarankan agar dapat terus dikembangkan. Penilaian responden terhadap aspek tarif kamar, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan rata-rata baik. Diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 1.360 - 0.018 X1 + 0.705 X2. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan penetapam tarif kamar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa penetapan tarif kamar dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.343, hal ini berarti 34,3% kepuasan pelanggan pada Wiswa Universitas Terbuka dipengaruhi oleh tarif sewa kamar dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam studi ini.
Kata kunci: Strategi pemasaran, tarif, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, Wisma UT.