ANALISIS SALURAN PEMASARAN KOPI ROBUSTA DI DESA CILUMPING KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH

Authors

  • Haidilia Maharani Universitas Pamulang
  • Anah Furyanah Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran kopi robusta di Desa Cilumping Kecamatan Dayeuhluyur Kabupaten Cilacap; (2) Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran kopi robusta di Desa Cilumping Kecamatan Dayeuhluruh Kabupaten Cilacap; (3) Besarnya marjin pemasaran kopi robusta untuk setiap tingkatan lembaganya; (4) Besarnya bagian harga (farmer’s share) yang diterima petani keseluruhan harga yang dibayar oleh konsumen;

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis.Sampel yang sebagian diambil dari keseluruhan objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh petani kopi robusta di Desa Cilumping Kecamatan Dayeuhluyur Kabupaten Cilacapsebanyak 49 orang, pedagang pengumpul 1 orang, pedagang besar 1 orang.

Hasil Penelitian yaitu terdapat dua saluran pemasaran kopi robusta di Desa Cilumping Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Saluran pertama : PETANI --- PEDAGANG PENGUMPUL ---KONSUMEN INDUSTRI. Dan saluran kedua :PETANI--- PEDAGANG PENGUMPUL---PEDAGANG BESAR---KONSUMEN INDUSTRI. Biaya pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 160,00 per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 660,00 per kilogram. Keuntungan pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 1.840,00 per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 2.340,00 per kilogram.Marjin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 2.000,00 per kilogram dan saluran pemasaran II sebesar Rp 3.000,00 per kilogram. Sedangkan Farmer’s share atau bagian harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I adalah 90,47 persen dan saluran pemasaran II adalah 86,36 persen dari harga yang dibayarkan konsumen.

Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Kopi, Robusta

Downloads

Published

2020-06-02