DAMPAK PENERBITAN SAHAM TERHADAP PROFIL IMAGE BANK UMUM SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi apakah penerbitan saham publik dapat berdampak meningkatkan profil image bank syariah dikalangan nasabah serta mengidentifikasi aspek yang dominan dinilai oleh nasabah terkait reputasi agama, reputasi keuangan, reputasi bank dan reputasi manajemen atas penerbitan saham publik yang dilakukan. Metode Penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis mean. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan demografi responden sedangkan analisis faktor dan analisis mean digunakan untuk mendapatkan aspek dominan dinilai yang dinilai oleh nasabah atas penerbitan saham publik yang dilakukan. Hasil penelitian mendapatkan bahwa responden berkesimpulan penerbitan saham publik yang dilakukan bank syariah dapat meningkatkan profil image bank umum syariah. Adapun secara berurutan aspek dominan yang dinilai oleh nasabah atas penerbitan sukuk yang dilakukan akan meningkatkan reputasi agama, reputasi bank, reputasi manajemen dan reputasi keuangan. Saran yang diberikan adalah Bank Umum Syariah lain dapat mempertimbangkan melakukan penerbitan saham publik selain bermanfaat untuk meningkatkan permodalan dan profitabilitas bank, BUS juga dapat meningkatkan profil image atau reputasi di kalangan nasabah dan investor. Reputasi atau profil image yang semakin baik, dapat meningkatkan kepercayaan nasabah dan investor untuk menggunakan jasa perbankan syariah. Sebelum menerbitkan saham publik, BUS harus juga mempertimbangkan kondisi performa keuangan.
Kata kunci : reputasi, bank umum syariah, dampak penerbitan saham, analisis faktor