IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI SMA KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Ivan Putranto Universitas Pamulang
  • Purwati Yuni Rahayu Universitas Pamulang
  • Citra Eliyani Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMA Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah SMA di Kota Tangerang Selatan. Penetapan informan sebagai sumber data yang dipilih menggunakan teknik snowwball sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data (Data Reduction), Paparan Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan Data dan Verifikasi (Conclusion Drawn/Verification). Hasil penelitian: 1)Pelaksanaan (PPK) di SMA 1926 terbagi menjadi beberapa kegiatan yaitu: kegiatan pembiasaan; seperti ceramah, tausiah, sholat dhuha, pembacaan yasin setiap hari kamis pagi, kegiatan pembelajaran; mengintegrasikan pada mata pelajaran yang ada di dalam struktur kurikulum. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Pancasila dimasukkan ke dalam perencanaan pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler; hadroh, marawis, dan juga ada seni tari, ekskul silat, marching band, dan pramuka; 2) Pelaksanaan PPK di SMA Taruna Mandiri terbagi melalui 3 kegiatan, yaitu kegiatan pembiasaan; upacara bendera setiap hari senin, pembacaan doa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran; kegiatan pembelajaran; nilai-nilai karakter diimplementasikan melalui perangkat pembelajaran yang terintegrasi pada semua bidang mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler; seperti kegiatan pramuka yang membentuk karakter kedisiplinan dan kemandirian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PPK di SMA 1926 dan SMA Taruna Mandiri sudah cukup baik.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Penguatan Pendidikan Karakter.

Downloads

Published

2020-06-02