KONTRIBUSI KOLAM IKAN "YUMINA BUMINA" SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DIDESA JAMPANG BOGOR

Authors

  • Rakhmawati Oktavianna Universitas Pamulang
  • Sulistiyani Sulistiyani Universitas Pamulang

Abstract

Desa Jampang adalah salah satu desa dalam wilayah kecamatan Kemang dan masuk dalam kabupaten Bogor. Desa Jampang dinobatkan sebagai desa penghasil budidaya ikan terbesar di Kabupaten Bogor. Budidaya ikan merupakan sumber mata pencarian terbesar bagi penduduk Desa Jampang. Banyaknya masyarakat sebagai pelaku budidaya ikan air tawar mampu menghasilkan beberapa inovasi dalam penggunaan kolam yang diberi nama kolam YUMINA (sayur dan ikan) BUMINA (buah dan ikan). Kolam YUMINA BUMINA merupakan kolam yang tidak hanya menghasilkan ikan air tawar tetapi juga mampu menghasilkan sayuran dan buah-buahan tertentu dengan memanfaatkan tempat budidaya ikan air tawar.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana kontribusi kolam ikan "YUMINA BUMINA" sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga di Desa Jampang Bogor?. Tujuan penelitian untuk menganalisis kontribusi kolam ikan "YUMINA BUMINA" sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga di Desa Jampang Bogor.

Metode analisis data pada penelitian ini memiliki beberapa tahapan yang harus terpenuhi. Tahapan yang pertama adalah tahap observasi, dengan tahapan ini merupakan tahap pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi,teknik wawancara dan dokumentasi. Tahap yang kedua ialah tahap reduksi data,dengan tahap ini sebagai proses seleksi dan pemfokusan data yang ada dilapangan. Tahap ke tiga yaitu tahap penyajian data, tahapan ini merangkai semua informasi yang telah dikumpulkan. Tahap ke empat yaitu tahap penarikan kesimpulan, tahap ini merupakan tahap terakhir daari analisis data. Lokasi penelitian ini berada pada Desa Jampang, Bogor dan sampel penelitian ini adalah Para pembudidaya ikan kelompok pintu air di Desa Jampang, Bogor.

Kata kunci: Peningkatan Pendapatan; Kolam Yumina Bumina

Downloads

Published

2020-06-02