MEMBANGUN DAYA SAING SISWA SMK MELALUI EMPLOYABILITY SKILL DAN KOMPETENSI (STUDI PADA SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI SE- KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis pengaruh prestasi belajar, ICT Skill, dan praktek kerja industri (Prakerin) terhadap kompetensi siswa, 2) menganalisis dan menguji teori mengenai pengaruh prestasi belajar, ICT Skill, Prakerin, dan kompetensi terhadap employability skill, serta 3) menganalisis pengaruh prestasi belajar, ICT Skill, Prakerin, kompetensi, dan employability skill terhadap daya saing siswa SMK Jurusan Akuntansi se-Kota Tangerang Selatan. Penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 284 siswa ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini antara lain : 1) prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi, ICT Skill tidak berpengaruh terhadap kompetensi, dan prakerin berpengaruh negatif serta signifikan terhadap kompetensi. 2) prestasi belajar dan ICT Skill tidak signifikan mempengaruhi employability skill, sedangkan Prakerin dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap employability skill. 3) prestasi belajar, ICT Skill, Prakerin, dan Kompetensi tidak signifikan mempengaruhi daya saing, sedangkan employability skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing. Berdasarkan hasil ini, dapat dipahami bahwa hingga saat ini kompetensi belum dapat menjadi faktor penentu meningkatnya daya saing siswa. Atas dasar itu, pemerintah sebaiknya menyusun formula baru yang dapat mendorong SMK untuk membekali siswanya dengan kompetensi dan employability skill.
Kata kunci : Daya_Saing, Employability_Skill, ICT_Skill, Kompetensi, Prestasi_Belajar