NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN SALE PISANG

Authors

  • Anah Furyanah Universitas Pamulang
  • Haidilia Maharani Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa manfaat buah pisang sebagai nilai tambah di industry sari murni kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap Jawa Tengah dan untuk mengetahui rancangan staretegi pemasaran sale pisang pada industry rumah tangga sari murni di kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan metode penelitian menggunakan analisa Nilai tambah metode hayami dan analisa SWOT. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.

Hasil penelitian pada industri sale pisang sari murni yaitu setelah melakukan analisa menggunakan metode hayami terdapat nilai tambah pada industry sale pisang sari murni sebesar rp 5.740,- setiap kilogramnya. Sedangkan nilai tambah pisang sale sieum industry sari murni adalah sebesar Rp 2.990,- per kilogramnya. Buah pisang yang sebelum diolah mempunyai harga Rp 2.500 setelah diolah menjadi Rp 46.000,- untuk pisang ambon dan Rp 35.000,- untuk pisang sale siem. Setelah melakukan analisis SWOT strategi pasar pada industry sale pisang sari murni adalah berada pada kuadran I yaitu menggunakan strategi SO ( Strength-opportunity) yaitu menggunakan kekuatan perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang dihadapi. Strategi tersebut yaitu : mengadakan kerjasama dengan reseller, lokasi strategis dekat dengan jalan besar dimaksimalkan untuk promosi dan pemasangan spanduk besar serta pemajangan produk yang lengkap, kualitas produk harus terus dijaga, menjaga ketersediaan bahan baku, pembinaan terhadap tenaga kerja.

Kata Kunci: nilai tambah, strategi pemasaran,industry rumah tangga

Downloads

Published

2020-06-02