OWNWERSHIP STRUCTURES BADAN USAHA MILIK NEGARA : INTERNET FINANCIAL REPORTING

Authors

  • Shinta Ningtiyas Nazar Universitas Pamulang
  • Syafrizal Syafrizal Universitas Pamulang

Abstract

Internet financial reporting (IFR) adalah sarana perusahaan untuk melaporkan informasi keuangan kepada investor dengan menggunakan teknologi internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, Public Ownership, State Ownership terhadap Internet Financial Reporting pada perusahaan go public yang sudah terdaftar di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Peneliti menambahkan dua variabel kontrol yaitu profitabilitas dan ukuran perusahaan pada penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perusahaan go public yang sudah terdaftar di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2018.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan populasi perusahaan perusahaan go public yang sudah terdaftar di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 19 perusahaan perusahaan go public yang sudah terdaftar di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 22.

Hasil menunjukkan R square sebesar 25,4% artinya masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi dilakukannya melaporan melalui media internet atau Internet Financial Reporting perusahaan go public yang sudah terdaftar di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada periode tahun 2014-2018. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Public Ownership, dan State Ownership berpengaruh negatif signifikan sementara Outside Ownership dan Foreign Ownership tidak berpengaruh terhadap Internet Financial Reporting.

Kata kunci : public ownership, state ownership, outside ownership, foreign ownership, Internet Financial Reporting

Downloads

Published

2020-06-02