PENGARUH MODEL APOS BERBASIS ICT DAN MODEL M-APOS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Ita Handayani Universitas Pamulang
  • Widyah Noviana Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran APOS berbasis ICT dengan mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran M-APOS. Metode penelitian yaitu quasi experiment dengan desain penelitian berbentuk berbentuk nonequivalent group posttest-only design. Data skor tes kemampuan pemahaman matematis dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran APOS lebih tinggi daripada mahasiswa yang diberi model pembelajaran M-APOS. Hal ini dapat digunakan dosen untuk menyesuaikan penggunaan model pembelajaran APOS berbasis ICT pada mahasiswa untuk melihat kemampuan pemahaman matematis mahasiswa.

Kata kunci : APOS, M-APOS, ICT, Pemahaman Matematis,

Downloads

Published

2020-06-02