PENGARUH SEMANGAT KERJA, HYGIENE FACTOR DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA PRODI S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Rini Septiowati Universitas Pamulang
  • Rakhmawati Oktavianna Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh semangat kerja, hygiene factor dan employee engagement terhadap efektvitas organisasi pada prodi S1 akuntansi Universitas Pamulang.

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner, penelitian ini mendistribusikan 77 kuesioner kepada 77 perwakilan dari beberapa dosen prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang yang jumlah samplenya diambil dengan cara menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan yaitu PurposiveSampling, Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis (Uji t & F).

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial semangat kerja berpengaruh terhadap efektivitas organisasi, hygiene factor tidak berpengaruh terhadap efektivitas organisasi dan employee engagement tidak berpengaruh terhadap efektivitas organisasi. Sementara secara simultan semangat kerja, hygiene factor dan employee engagement berpengaruh terhadap efektivitas organisasi pada prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

Kata Kunci: semangat kerja, hygiene factor, employee engagement, efektivitas organisasi.

Downloads

Published

2020-06-02