PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK SMK UNTUK SISWA KELAS X SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk SMK. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp. Adapun prosedurnya adalah: (1) studi pendahuluan; (2) tahap pengembangan atau pembuatan prototype; dan (3) tahap penilaian. Kelayakan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk SMK yang dikembangkan mengacu pada kriteria kualitas produk yakni valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk SMK ini melibatkan dua orang ahli dan tiga orang praktisi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X SMK di Kota Tangerang Selatan dan tiga orang guru matematika. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, teknik stratified random sampling, dan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri atas: instrumen untuk menilai kevalidan yang meliputi lembar validasi, instrumen untuk menilai kepraktisan yang meliputi lembar penilaian kepraktisan dari guru dan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta lembar penilaian keefektifan yaitu tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan mencakup sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci : model pembelajaran, matematika, PBM, SMK