PROFITABILTAS MEMODERASI FINANCIAL LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA

Authors

  • Indawati Indawati Universitas Pamulang
  • Anggun Anggraini Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Profitabilitas Memoderasi Financial Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan secara parsial dan bersama-sama terhadap Perataan Laba.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data diambil yaitu data sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.

Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan temuan sebagai berikut: Pengaruh Financial Leverage berdasarkan Return On asset (ROA) terhadap perataan laba (income smoothing) dari hasil penelitan Memberikan informasi bahwa Financial Leverage berasarkan Return On Assets (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perataan laba (Income Smoothing). Pengaruh pertumbuhan perusahaan berdasarkan Return On asset equity (ROE) terhadap perataan laba (income smoothing) berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap perataan laba, maka apabila terjadi kenaikan pertumbuhan perusahaan maka perataan laba akan semakin meningkat. Pengaruh Financial Leverage terhadap perataan laba yang dimoderasi Profitabilitas dapat disimpulkan bahwa Financial Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan yang dimoderasi Profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap Perataan Laba. Pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap perataan laba yang dimoderasi Profitabilitas, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap perataan laba dengan dimoderasi Profitabilitas. Pengaruh Financial Leverage, pertumbuhan perusahaan yang dimoderasi profitabilitas terhadap perataan laba dapat disimpulkan bahwa Financial Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan yang dimoderasi Profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap Perataan Laba.

Kata Kunci: Profitabilitas, Financial Leverage, PerataanLaba.

Downloads

Published

2020-06-02