SINTAS, HARAPAN DAN KOMITMEN GURU BAHASA PASCA TSUNAMI 2004 DI DESA CALANG ACEH

Authors

  • Nani Nuraini Sarah Universitas Pamulang
  • Indrani Dewi Anggraini Universitas Pamulang

Abstract

Salah satu isi Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan pemerintah Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Undang-undang RI no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bab I pasal 1 menyebutkan bahwa guru (Pendidik) adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dst.Guru merupakan aktor terdepan dalam tataran praktis dilapangan dalam mewujudkan keberhasilan tujuan pendidikan nasional.

Salah satu kelompok guru yang menarik diteliti adalah mereka yang sintas dari bencana Tsunami maha dahsyat di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004. Ketika Tsunami datang menghantam Aceh,, mereka masih sangat muda untuk mengerti bencana apa yang sedang terjadi. Yang mereka ketahui adalah mereka lolos dari maut/sintas dari bencana, dan sekarang telah bertumbuh menjadi pribadi yang dewasa, dan memilih profesi sebagai guru.Pengalaman sintas guru-guru tersebut tentu merupakan pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup dan terlalu berharga untuk dilewatkan begitu saja. Bertitik tolak dari hal tersebut maka muncullah pertanyaan bagaimana mereka lolos, mengapa memilih menjadi guru di Calang, apa harapan mereka kedepan?

Melihat pentingnya peranan guru di bidang pendidikan sudah selayaknya kita menghargai guru dengan berbagai cara.Disini penulis mencoba menggali pengalaman yang telah terpendam selama 14 tahun dan mencari motivasi yang mendasari pilihan mereka menjadi guru serta komitmen mereka untuk mengajar.
Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menambah wawasan pengetahuan (2) untuk memahami perjuangan para sintas yang tertuang pada harapan serta motivasinya melalui kacamata guru, khususnya guru bahasa Inggris pasca Tsunami 2004 di Desa Calang-Aceh.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif –narrative inquiry dari Miles.Data diambil dari hasil wawancara dan questioner.Analisis data dilakukan dengan menggunakan 3 alur kegiatan yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Secara teoritis hasil penelitian ini akan menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang pendidikan yang terkait dengan pengalaman guru dalam menghadapi bencana alam yang besar dengan cara menganalisis kisah pengalaman para guru tersebut. Hasil penelitian menunjukkan sikap integritas yang tinggi yang menjewantahkan nilai-nilai pancasila.

Kata kunci: sintas, harapan, motivasi

Downloads

Published

2020-06-02