PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP MENTENG LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP MENTENG

Authors

  • Firman Firman Program Pascasarjana MM Universitas Pamulang

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan, mengetahui Loyalitas Nasabah dan mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Menteng.

Metode penelitian ini dilakukan dengan metode asosiatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah nasabah dengan sampel sebanyak 95 responden yang diamati selama periode Juni 2017 sampai dengan Agustus 2017, dengan tingkat kekeliruan e = 5%. Metode pengumpulan data observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji korelasi, uji determinasi dan uji t.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan yang dilakukan dinilai sangat baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata distribusi jawaban responden sebesar 4,25 yang berada pada interval 4,20 – 5,00 dan memiliki interpretasi Sangat Puas. Sedangkan hasil penelitian Loyalitas Nasabah yang diberikan oleh responden dinilai sangat baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata distribusi jawaban responden sebesar 4,27 yang berada pada interval 4,20 – 5,00 dan memiliki interpretasi Sangat Puas. Hasil penelitian yang didapat antara lain: Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah.

References

Abubakar dan Siregar Amelia N., “Kualitas Pelayanan Penyuluh Pertanian dan Kepuasan Petani dalam Penanganan dan Pengolahan Hasil Ubi Jalar dalam Jurnal Penyuluhan Pertanianâ€, Volume Kelima No. 1, Jurnal Penyuluhan, 2010.

Ali Hasan, “Manajemen Pemasaran dan Marketingâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2008.

American Marketing Association (AMA), “American Marketing Association Releases New Definition of Marketingâ€, Orlando, Florida, 2004.

Sugiyanto, S., & Setiawan, T. (2020). Liquidity, Profitability, Good Corporate Goverance, Corporate Value Committee. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Sugiyanto, S., & Candra, A. (2020, February). Moderating Good Corporate Governance Effect Sales Growth, Conservatisme Accounting And Liquidity Risk Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Dan Jasa Keuangan Terdaftar Bei). In Proseding Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 2, No. 1).

Sugiyanto, S., & Sumantri, I. I. (2019). Peran Audit Internal Dan Sistem Pengendalian Internal Atas Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Pada Perusahaan Perbankkan Di Indonesia. Jurnal Akuntansi, 13(2), 196-224.

Sugiyanto, S., Syafrizal, S., & Kartolo, R. (2020). The Effect Of Income Persistency, Capital Structure And Tax Allocation Between Period Of Earning Quality With Company Size As Moderating Variables. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

Armstrong dan Philip Kotler, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta, 2003.

Assauri, Sofjan, “Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategiâ€, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta 2007.

-------, “Manajemen Pemasaranâ€, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta, 2013.

Buchory, Achmad Herry & Saladin Djaslim, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Pertama, Penerbit Linda Karya, Bandung, 2010.

Buchori Alma, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€, Edisi Revisi,

Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2007.

Danang, Sunyoto, “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Penerbit PT. Buku Seru, Jakarta, 2012.

Downey & Erickson, “Manajemen Agribisnisâ€, Edisi Ketiga, Terjemahan Ganda S. dan Alfonsus Sirait, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002.

Erni Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefulloh “Pengantar Manajemenâ€, Edisi Pertama Prenada, Jakarta, 2000.

Fajar, Laksana, “Manajemen Pemasaranâ€, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008.

Fandy, Tjiptono, “Manajemen Jasaâ€, Edisi Kedua, Penerbit Andy Offset, Yogyakarta, 2000.

-------, “Pemasaran Jasaâ€, Penerbit Bayumedia Publising, Malang, 2005.

-------, “Pemasaran Jasaâ€, Penerbit Bayumedia, Malang, 2011.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSSâ€, Universitas Diponegoro, Yogyakarta, 2012.

Griffin, Jill, “Customer Royalty†Edisi Revisi, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2005.

G. R. Terry, “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Kencana, Jakarta, 2010.

Gulo, W, “Metodologi Penelitianâ€, Cetakan Pertama, Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2002.

Handoko, T. Hani, “Manajemen, Cetakan Dua Puluhâ€, Penerbit BPEE, Yogyakarta, 2009.

Hardiansyah, “Kualitas Pelayanan Publikâ€, Penerbit Gava Media, Yogyakarta, 2011.

Hasan Ali, “Marketingâ€, Medpress (Anggota IKAPI), Yogyakarta, 2008.

Hasibuan, Malayu, “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2012.

Kotler dan Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 12, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip dan Amstrong, “Manajemen Pemasaranâ€, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2003.

-------, “Prinsip – prinsip Pemasaranâ€, Edisi 13 Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 11 jilid 1, Penerbit P.T. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2003.

-------, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 11 jilid 2, Penerbit P.T. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2003.

-------, “Manajemen Pemasaranâ€, Jilid 1 dan 2, Penerbit P.T. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2005.

-------, dan Kevin L. Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 12 jilid 1, Penerbit P.T. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2007.

-------, dan Kevin L. Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 12 jilid 2, Penerbit P.T. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2007.

-------, dan Kevin L. Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Ketiga Belas, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2009.

-------, dan Kevin L. Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 13 Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2009.

-------, dan Kevin L. Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa Bob Sabran, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2011.

Lovelock, Cristopher H. dan Wright, Lauren K., “Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, 2005.

Lupiyoadi, “Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktekâ€, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Lupiyoadi, Rambat, “Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001.

-------, “Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktekâ€, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001.

M. Nur. Nasution, “Manajemen Jasa Terpaduâ€, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor, 2004.

Moenir, “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesiaâ€, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 2005.

Morissan, “Metode Penelitian Surveyâ€, Kencana, Jakarta, 2012.

Nasution, “Manajemen Jasa Terpaduâ€, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 2004.

Nasution, Nur, “Manajemen Terpadu (Total Service Management)â€, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor, 2004.

Pamitra, Teddy, “Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaranâ€, Penerbit PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2001.

Radiosunu, “Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisisâ€, Edisi Kedua, Penerbit BPFE, Yogyakarta, 2001.

Rangkuti, Fredy, “Riset Pemasaranâ€, Cetakan Kelima, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.

Ratih Hurriyati, “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumenâ€, Cetakan Pertama, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2005.

Septi Winarsih, Atik & Ratminto, “Manajemen Pelayananâ€, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2012.

Stanton, William J. “Prinsip Pemasaranâ€, Alih Bahasa Oleh Sadu Sundaru, Jilid Satu, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002.

Sugiarto, “Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasaâ€, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.

Sugiarto, Endar, “Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasaâ€, Gramedia, Jakarta 2002.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dâ€, Alfabeta, Jakarta, 2011.

-------, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dâ€, CV. Alfabeta, Bandung, 2012.

-------, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dâ€, CV. Alfabeta, Bandung, 2014.

-------, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dâ€, CV. Alfabeta, Bandung, 2016.

Supranto, J., “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelangganâ€, Penerbit PT. Asdi Mahasatya, 2001.

Supriyatmini, Tuti, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Baitul Mal Wattamwil (BMT) KAFAH Semarangâ€, Unnes, Semarang, 2005.

Tjiptono, Fandy, “Manajemen Pemasaranâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2002.

-------, “Strategi Pemasaranâ€, Edisi Ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2008.

-------, dan Diana A., “Total Quality Managementâ€, Edisi Revisi, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra, “Service Quality and Satisfactionâ€, Edisi Ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2011.

-------, “Pemasaran Strategikâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2012.

-------, dan Dadi Adriana, “Pemasaran Strategikâ€, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta, 2008.

Veithzal, Rivai, “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktikâ€, Penerbit Raja Wali Pres, Jakarta, 2010.

Sarwani, S., Sunardi, N., AM, E. N., Marjohan, M., & Hamsinah, H. (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N. (2019). Relevansi Intelectual Capital terhadap Harga dan Retun Saham di Industri Perbankan Pemerintah di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).

Downloads

Published

2021-01-26