PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA

Authors

  • Syahnadia Zakaria Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh implementasi program CSR program magang PT. Vale Indonesia Tbk, terhadap citra perusahaan. Teori – teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Public relations, corporate social responsibility, dan citra. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif. Populasinya adalah masyarakat Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Khususnya dua kecamatan dari empat kecamatan terdampak yang ada dengan jumlah 9300 orang, dengan sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis regresi sederhana bahwa implementasi program CSR tentang program magang berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan, dengan nilai R2 (koefisien determinasi) adalah sebesar 0,341. Hasil Nyata implementasi program CSR berpengaruh signifikan terhadap citra (koefisien 0,294). Analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa citra implementasi program CSR program magang PT. Vale Indonesia diterima baik oleh masyarakat empat kecamatan terdampak di Luwu Timur.

 Kata Kunci: CSR, Citra Perusahaan, Public Relations.

References

------------------------. 2012. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Andipate, Anwar Arifin. 2015. Paradigma Baru Public Relations. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bungin, H.M. Burhan. 2005, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.

Cutlip, Center & Broom. 2000. Effective Public Relations 9th Edition. New Jersey: Prectice Hall Inc.

Danandjaya. 2011. Peran Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Davis, Anthony, “Everything You Know About Public Relationsâ€, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004.

Jeffkins, Frank. 2004. Public Relations Edisi Kelima. Disempurnakan oleh Daniel Yadin. Jakarta: Erlangga.

Kartini, Dwi. 2013. Corporate social responsibility. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kasali, Rhenald. 2006. Manajemen Public Relations: Konsepsi dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Kriyanto, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Mardikanto, Totok. 2014. Corporate Sosial Responsibility. Bandung: Alfabeta.

Mukarom, Zainal. 2015. Manajemen Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Prasetyo, bambang dan Lina Miftahul. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Rahman, Reza. 2009. Corporate social responsibility: Antara Teori dan Kenyataan. Jakarta: Media Pressindo.

Rakhmat, Jalaludin. 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rudy, R., Sunardi, N., Kartono, K., Sudarso, A. P., & Lutfy, A. M. (2019). Pengelolaan Keuangan Masyarakat untuk Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Ruslan, Rosady. 2013. Metode Penelitian Pubic Relations dan Komunikasi. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sarwani, S., Sudaryana, Y., Sunardi, N., Hamsinah, H., & Nufus, K. (2019). Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Akar Wangi “USAR “Sentra Industri Akar Wangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Soemirat, Soleh dan Ardianto. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sunardi, N., & Hendarsah, D. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laba dan Dampaknya pada Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN Bidang Kontruksi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2017). Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(1), 1-21.

Sunardi, N. (2019). Relevansi Intelectual Capital terhadap Harga dan Retun Saham di Industri Perbankan Pemerintah di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).

Untung, Budi. 2014. CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: Andi Ofset

Wasesa, Silih Agung dan Jim Macnamara. 2010. Strategi Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

2021-01-26