ANALISA SWOT BISNIS RETAIL FARMASI PHARMANET B2B BERBASIS ON LINE“
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan juga ancaman dari sistem kerja Pharmanet melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Metode Penelitian ini adalah model deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian analisis dengan model SWOT menyatakan alternatif strategi yang digunakan adalah, strategi SO : Melakukan pendekatan persuasif kepada owner apotek mitra bisnis yang belum bekerjasama (belum menjadi mitra bisnis pharmanet), Strategi WO : Membangun jaringan distribusi dan logistik di kota besar diluar Jabodetabek, Strategi ST : Mengikat Principal besar supaya tetap tertarik dan menyuplai jaringan B2B Pharmanet, Strategi WT : Memantau dan mempelajari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor dengan platform sejenis
Kata Kunci : SWOT analysis , strategi pemasaran, B2B, pharmanet
References
Rangkuti, Freddy. 2002. Analisis Swot, Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.2006. Analisis Swot, Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama,
Griffin, Ebert, R. J., & W., R. (2007), Bisnis. Jakarta: Erlangga
Osterwalder, A., & Yves, P. (2012), Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148
Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran dengan Pemasaran Efektikf dan Profitable, Cetakan Kedua. Jakarta:Gramedia Pusat Utama.