STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS d’BestO DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM

Authors

  • Valya Annisya Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations d’BestO dalam membangun brand awareness melalui instagram. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Two Way Symmetrical yang telah dikemukakan oleh James E. Grunig.

Hasil dari penelitian ini adalah strategi divisi marketing public relations d’BestO dalam membangun brand awareness melalui instagram dilihat dari feedback yang dilakukan oleh konsumen mengenai informasi yang diberikan dan juga perusahaan mengetahui kebutuhan konsumen.

Kata Kunci: Brand Awareness, Instagram, Marketing Public Relations, Strategi

References

Anggoro, M. Linggar. 2008. Teori dan

Profesi Kehumasan. Cetakan Kelima. Jakarta: Bumi Aksara

Ardianto, Elvinaro. 2013. Handbook of

Public Relations. Cetakan Kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

. 2014. Metodologi

Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Bandur Agustinus. 2016. Penelitian

Kualitatif Metodologi, Desain dan TeknikAnalisis Data dengan NVivo 11 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu

Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Creswell, John. W. 2013. Research

Design Pendekatan Kualitatif,

Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cutlip, Scott M., et al. 2011. Effective

Public Relations. Edisi Kesembilan.Cetakan keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Daymon, Christine dan Immy

Holloway. 2008. Menulis: Metode-Metode Riset Kualitatif Dalam Public Relations dan Marketing Communication. Terj. Cahya Wiratama. Yogyakarta: Penerbit Bentang

Diamond, Stephanie. 2013. The Visual

Marketing Revolution. Jakarta: Serambi

Effendy, Onong Uchyana. 2007. Ilmu

Komunikasi: Teori dan Praktek.

Cetakan 27. Bandung: Rosda Karya

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Haris, Thomas dan Rusady Ruslan.

The Marketer’s Guide To Public Relations. New York: John Wiley & Sons, Inc

Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik

Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT Kencana Perdana

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Penerbit Erlangga

Lubis, Suwardi. 2001. Public Relations

Dalam Kontak Survei dan Penelitian. Medan: USU Press

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Empat

Moleong, Lexy. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi

Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam.

Komunikasi & Public Relations. Bandung : Pustaka Setia

Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera

Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public

Relations. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Rangkuti, Freddy. 2009. The Power Of

Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi, Cetakan ke-11. Jakarta: Rajawali Pers

Salim, Agus. 2006. Teori & Paradigma

Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Saputra, Wahidin dan Rulli Nasrullah.

Public Relations 2.0 Teori

dan Public Relations di Era Cyber. Jakarta: Gramata Publishing

Soehadi. 2005. Effective Branding: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Merek Yang Sehat dan Kuat. Bandung: PT Mizan Pusataka

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan Ke-11. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori &Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress (Anggota IKAPI)

Swasta, Basu DH dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua, Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi

Pemasaran, Edisi 2.

Yogyakarta: Andi Offset

Wibowo, Wahyu. 2011. Menulis: Cara

Cerdas Menulis Artikel Ilmiah.

Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

SKRIPSI

Alvionita, Rizka. 2014. Strategi Public

Relations Dalam Meningkatkan Brand Awareness Atas Merek Genki Sushi Pada PT. Mitra Adiperkasa (Studi Kasus: Divisi Gift Voucher). Jakarta: Universitas Bina Nusantara Kartika, Cempaka Yuni. 2017. Strategi Marketing Public Relations PT. Mikatasa Agung Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Trade Expo Indonesia 2016. Jakarta: Universitas Mercu Buana

Nursallam, Bill Tesyar. 2017. Strategi

Marketing Public Relations Citifin Multifinance Syariah Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jakarta: Universita Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Rasyid, Rand. 2016. Strategi Public

Relations Hijup.com dalam Memasarkan Busana Muslim. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

PUBLIKASI ONLINE

www.apjii.or.id yang diakses pada 8 November 2017

www.dbesto.co.id diakses melalui mobile pada 24 April 2018

www.ejournal3.undip.ac.id/index.php di akses pada 5 Juni 2018

www.instagram.com/d_besto

www.kbbi.web.id/subjek pada 5 Juni 2018

www.kbbi.web.id/objek pada 5 Juni 2018

Downloads

Published

2021-01-26