STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS d’BestO DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations d’BestO dalam membangun brand awareness melalui instagram. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Two Way Symmetrical yang telah dikemukakan oleh James E. Grunig.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi divisi marketing public relations d’BestO dalam membangun brand awareness melalui instagram dilihat dari feedback yang dilakukan oleh konsumen mengenai informasi yang diberikan dan juga perusahaan mengetahui kebutuhan konsumen.
Kata Kunci: Brand Awareness, Instagram, Marketing Public Relations, Strategi
References
Anggoro, M. Linggar. 2008. Teori dan
Profesi Kehumasan. Cetakan Kelima. Jakarta: Bumi Aksara
Ardianto, Elvinaro. 2013. Handbook of
Public Relations. Cetakan Kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
. 2014. Metodologi
Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Bandur Agustinus. 2016. Penelitian
Kualitatif Metodologi, Desain dan TeknikAnalisis Data dengan NVivo 11 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Creswell, John. W. 2013. Research
Design Pendekatan Kualitatif,
Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cutlip, Scott M., et al. 2011. Effective
Public Relations. Edisi Kesembilan.Cetakan keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Daymon, Christine dan Immy
Holloway. 2008. Menulis: Metode-Metode Riset Kualitatif Dalam Public Relations dan Marketing Communication. Terj. Cahya Wiratama. Yogyakarta: Penerbit Bentang
Diamond, Stephanie. 2013. The Visual
Marketing Revolution. Jakarta: Serambi
Effendy, Onong Uchyana. 2007. Ilmu
Komunikasi: Teori dan Praktek.
Cetakan 27. Bandung: Rosda Karya
Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
Haris, Thomas dan Rusady Ruslan.
The Marketer’s Guide To Public Relations. New York: John Wiley & Sons, Inc
Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148
Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik
Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT Kencana Perdana
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Penerbit Erlangga
Lubis, Suwardi. 2001. Public Relations
Dalam Kontak Survei dan Penelitian. Medan: USU Press
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Empat
Moleong, Lexy. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi
Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam.
Komunikasi & Public Relations. Bandung : Pustaka Setia
Nurudin. 2012. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera
Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public
Relations. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Rangkuti, Freddy. 2009. The Power Of
Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia
Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi, Cetakan ke-11. Jakarta: Rajawali Pers
Salim, Agus. 2006. Teori & Paradigma
Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
Saputra, Wahidin dan Rulli Nasrullah.
Public Relations 2.0 Teori
dan Public Relations di Era Cyber. Jakarta: Gramata Publishing
Soehadi. 2005. Effective Branding: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Merek Yang Sehat dan Kuat. Bandung: PT Mizan Pusataka
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan Ke-11. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori &Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress (Anggota IKAPI)
Swasta, Basu DH dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua, Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta: Liberty
Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi
Pemasaran, Edisi 2.
Yogyakarta: Andi Offset
Wibowo, Wahyu. 2011. Menulis: Cara
Cerdas Menulis Artikel Ilmiah.
Jakarta: PT Kompas Media Nusantara
SKRIPSI
Alvionita, Rizka. 2014. Strategi Public
Relations Dalam Meningkatkan Brand Awareness Atas Merek Genki Sushi Pada PT. Mitra Adiperkasa (Studi Kasus: Divisi Gift Voucher). Jakarta: Universitas Bina Nusantara Kartika, Cempaka Yuni. 2017. Strategi Marketing Public Relations PT. Mikatasa Agung Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Trade Expo Indonesia 2016. Jakarta: Universitas Mercu Buana
Nursallam, Bill Tesyar. 2017. Strategi
Marketing Public Relations Citifin Multifinance Syariah Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jakarta: Universita Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Rasyid, Rand. 2016. Strategi Public
Relations Hijup.com dalam Memasarkan Busana Muslim. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
PUBLIKASI ONLINE
www.apjii.or.id yang diakses pada 8 November 2017
www.dbesto.co.id diakses melalui mobile pada 24 April 2018
www.ejournal3.undip.ac.id/index.php di akses pada 5 Juni 2018
www.instagram.com/d_besto
www.kbbi.web.id/subjek pada 5 Juni 2018
www.kbbi.web.id/objek pada 5 Juni 2018