ANALISIS SWOT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI INDUSTRI KREATIF CILOK NENG SARI DESA BOJONGSARI BARU KOTA DEPOK
Abstract
Pelaku usaha berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang disebut UMKM memiliki pangsa pasar tersendiri bahkan mampu mendongkrak pasar lokal dan Internasional, Penelitian ini ditujukan agar produk Cilok Neng Sari tetap mampu bertahan di tengah persaingan produk sejenis di tengah gempuran bisnis On Line saat ini,kesiapan mereka menghadapi persaingan di era teknologi akan menjadikan sebuah seleksi alam yang akan menghasilkan UMKM tangguh,melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Metode Penelitian ini adalah model deskriptif Kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. ,dimana produk sejenis sudah banyak di pasaran,sehingga Penelitian dilakukan dengan model SWOT guna mendapatkan strategi terbaik dalam pemasaran dan juga aplikasi bauran pemasaran yang telah dijabarkan harus tetap dijalankan oleh pelaku UMMKM.Strategi yang digunakan adalah dengan melakukan pendekatan persuasive kepada pelaku UKM di Desa Bojongsari Baru Kota Depok selama tujuh hari ,dalam hal ini industri pangan Cilok Neng sari memaparkan apa saja yang di lakukan untuk membuka jaringan distribusi di kota Depok serta diluar Jabodetabek..
Kata Kunci : Analisis SWOT, UMKM, Industri Kreatif
References
Ebert Ronald J. 2015. Pengantar Bisnis.
Jakarta:Penerbit Erlangga
Krisdiartiwi Mamik. 2008. Pembukuan
Sederhana untuk UKM.
Yogyakarta: Media Pressindo
Rangkuti Freddy. 2013. Teknik
Membedah Kasus Bisnis Analis
SWOT. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama
Sangadji Etta Mamang. 2010.
Metodologi Penelitian.
Yogyakarta
Andi Satori djam’ah. 2010. Metodologi
Penelitian Kualitatif.
Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung:Alfabeta Suparyanto. 2012. Kewirausahaan
Konsep dan Realita pada Usaha
Kecil. Bandung: Alfabeta
Tambunan Tulus. 2016. Pembangunan
Ekonomi Inklusif Sudah Sejauh
Mana Indonesia. Jakarta: LP3ES.