PERAN STAF ADMINISTRASI KEUANGAN DALAM MENGELOLA KAS KECIL PADA PT KARYA MATAHARI PERKASA TANGERANG SELATAN
Abstract
Di dalam perusahaan bagian administrasi atau staf administrasi merupakan bagian yang sangat penting dalam menjalankan tugas-tugas rutin di perkantoran, untuk itu diperlukan staf atau karyawan yang memiliki kompetensi. Untuk mewujudkan tuntutan tersebut diperlukan adanya karyawan yang mampu menangani dan mengelola tugas dengan baik. Karyawan yang memiliki kompetensi untuk membantu administrasi perusahaan dalam menangani tugas-tugas kantor adalah seorang staf administrasi, yang berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup sebuah perusahaan, dikarenakan administrasi perusahaan tidak akan berjalan lancar tanpa adanya bantuan seorang staff administrasi. Administrasi keuangan merupakan proses pengolahan yang melibatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan, pembuatan kas kecil dan laporan keuangan dianggap sangat penting, karena dapat meningkatkan dan mempertahankan kontinuitas perusahaan. Selain itu, yang menjadi alasan lain kenapa penulis mengambil tema mengenai administrasi keuangan dalam mengelola kas kecil, dikarenakan Perusahaan PT Karya Matahari Perkasa merupakan perusahaan yang menintik beratkan proses bisnisnya di bagian administrasi dengan lebih mengutamakan pada mengelola pengeluaran kas kecil. Penulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja keuangan pada perusahaan PT Karya Matahari Perkasa, sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam mengelola kas keccil pada PT Karya Mataari Perkasa, dan sebagai masukan yang posifit dan membangun. Berdasarkan hasil laporan yang dilakukan, terdapat beberapa masalah yang terjadi didalam proses pengelolaannya, baik itu dari segi pada pekerjanya maupun dari segi prosedur kerjanya. Apabila masalah tersebut tidak mendapatkan penanganan yang tepat, dapat mempengaruhi kinerja perusahaan bahkan memberikan kerugian bagi perusahaan. Maka untuk menjelaskan dan memaparkan atas masalah-masalah yang ada secara lebih jelas, penulis menggunakan metode deskripsif, yaitu metode yang menggambarkan, menjalankan, dan menggunakan data yang telah diperoleh pada lokasi tinjuaan. Setiap prosedur pengelolaan yang dilakukan harus diimbangi dengan pengendalian dan pengawasan yang baik. Hal ini ditunjukan untuk menghindari segala kesalahan yang nantinya dapat merugikan perusahaan. selain itu, dengan adanya pengendalian dapat dijadikan sebagai solusi yang paling tepat untuk mengatasi berbagai masalah yang ada.
References
Abdul, Ika dan Ermadiani. 2018. Pengelolaan Administrasi Keuangan Pemerintah Desa. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yokyakarta : Gaya Media
Daryanto. 2014. Administrasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Maksudi, Beddy Iriawan. 2017. Dasar-dasar Administrasi Publik. Depok : PT RajaGrafindo Persada.
Mata kuliah Akuntansi Oleh Desilia Purnama Dewi. SE.MM
Mata kuliah Pengetahuan Kesekterarisan Oleh Drs. Suwandi.MM
Pratama, Priyo Candra. 2013. Administrasi Umum Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sofia, Elizabeth dan Merry. 2017. Pengantar Akuntansi Sekilas .
Sri Endang R, Sri Mulyani, Suyetty. 2011. Modul Mengelola Dana Kas Kecil. Jakarta : Erlangga.
Sujarweni, V. Wiratna. 2018. Manajemen Keuangan Teori, Aplikasi Dan Hasil Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.