PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. NESTLE INDONESIA

Authors

  • Wiwi Kurnianingsih Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Pamulang

Abstract

The objectives in this study are: 1) To determine the effect of product quality on purchasing decisions at PT. Nestle Indonesia. 2) To determine the effect of sales promotion on purchasing decisions at PT. Nestle Indonesia. 3) To determine the effect of product quality and sales promotion together on purchasing decisions at PT. Nestle Indonesia. The analysis technique used in this study is a quantitative analysis technique using statistics. The population in this study is employees. With a simple random sampling technique, a sample of 130 employees was taken. The results of this study indicate that: 1) Product quality has an influence on purchasing decisions. 2) Sales promotion has an influence on purchasing decisions. 3) Product quality and sales promotion have a joint influence on purchasing decisions.

 

Keyword: Product Quality, Sales Promotion and Purchasing Decisions

References

Azwar, Saifuddin. 2005. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Chandra, Gregorius, dkk. 2011. Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Dheany, Arumsari. 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro : Semarang.

Darul Fahmi, . And Sugiyanto, . (2014) Pengaruh Audit Internal Dan Jumlah Toko Terhadap Penjualanpada Pt. Indofood Fritolay Makmur Cabang Bekasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 2 (4). Pp. 522-546. Issn 2339-0867

Mamah Irnawati Dewi, . And Sugiyanto, . (2015) Pengaruh Pendapatan Musyarakah Dan Ijarah Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 3 (1). Pp. 581-601. Issn 2339-0867

Erlina. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis : Untuk Akuntansi dan. Manajemen, Cetakan Pertama USU Press, Medan.

Faisal, Septian. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk T-Shirt Linecoltd Clothing Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Heninda dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sirup Freiss Indofood (Studi Kasus pada Konsumen Sirup Freiss Indofood di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 4, Nomor 4.

Husein, Umar. 2010. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta. : PT. Gramedia Building.

Jakaria, Daryanto dan Estri, Septiana. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Screamous. Prosiding ManajemenVolume 4 Nomor 2.

Klarisa, Novita dkk. 2012. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Swalayan Maxi Balikpapan.

Kotler dan Amstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan,. Jakarta: Penerbit PT. Indeks Gramedia.

_______. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.

_______. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta

_______. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

_______. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

_______. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

_______. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks.

_______. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kuncoro, Engkos ahmad dan Adithya Wiranegara. 2010. Pengaruh Promosi dan Atribut produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Telkom Speedy, Jurnal Manajemen Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (I.S.E.I), volume 1 nomor 2 pp.132 – 145.

Maslakhah, Arinda Nur dan Andjarwati, Anik Lestari. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mascara Oriflame (Studi Pada Konsumen Mascara Oriflame Wilayah Surabaya Pusat). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 4.

Mursid. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Bumi Aksara.

Nurhayati, Risky. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2009 Pengguna Handphone Merek Nokia). Skripsi. Yogyakarta : UPN.

Peter, J Paul and Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi. Pemasaran Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani Edisi. Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Prajati, Galih. 2013. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Sabun Wajah Merek Pond’s White Beauty (Studi Kasus Pada Mahasiswi Administrasi Bisnis Polsri). Palembang: Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sugiyanto, S., Syafrizal, S., & Kartolo, R. (2020). The Effect Of Income Persistency, Capital Structure And Tax Allocation Between Period Of Earning Quality With Company Size As Moderating Variables. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Adianto, A., & Sugiyanto, S. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Syafrizal, S., Sugiyanto, S., & Kartolo, R. (2020). Effect Struktur Modal Dan Alokasi Pajak Antar Periode Dan Persistensi Laba Terhadap Kualitas Laba Dengan Moderating Size. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Setiawan, T., & Sugiyanto, S. (2020). Pengaruh Likuiditas Profitabilitas Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Sugiyanto, S., & Setiawan, T. (2020). Liquidity, Profitability, Good Corporate Goverance, Corporate Value Committee. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta; Salemba Empat

Riduwan. 2010. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika, Cet ,Alfabeta

Downloads

Published

2021-01-26