TRANSPARANSI PERUSAHAAN MEMODERASI PENGARUH TAX AVOIDANCE DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena beberapa penelitian sebelumnya mengenai variabel tax avoidance, leverage dan transparansi perusahaan terhadap nilai perusahaan menghasilkan temuan yang berbeda-beda sehingga menarik untuk dikaji ulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana ditinjau dari tingkat eksplanasi merupakan penelitian asosiatif dengan hubungan kausal. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang terdafatr di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 -2018. Adapun populasi pada penelitian ini sebanyak 173 perusahaan dan Jumlah sampel sebanyak 22 perusahaan, sehingga didapat 110 sampel. Metode sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji MRA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tax avoidance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel leverage dan transparansi perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Transparansi perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan antara tax avoidance terhadap nilai perusahaan, sedangkan transparansi perusahaan dapat moderasi hubungan Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Hasil penelitian ini memerikan pemahaman kepada manajemen perusahaan bahwa semakin tinggi tingkat transparansi terutama dalam tax avoidance perusahaan, maka para investor maupun calon investor akan mendapat referensi yang tepat untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.
Kata kunci: Tax Avoidance, Leverage, Transparansi Perusahaan, Nilai Perusahaan, Moderasi, Perusahaan Manufaktur
References
Bushman, R. M., & Smith, A. J. (2003). Transparency , Financial Accounting Information , and Corporate Governance. (April), 65–87.
Chen, X., Hu, N., Wang, X., & Tang, X. (2014). Tax avoidance and firm value: evidence from China. Nankai Business Review International, 5(1), 25–42. https://doi.org/10.1108/NBRI-10- 2013-0037
CNBC (2019) website: https://www.cnbcindonesia.com/news diakses tanggal 19 April 2020 pukul
20 Wib
Dewi, A., A., dan Dewi, L., G., K., (2017). Transparasi Informasi Memoderasi Pengaruh Agresivitas Pajak Pada Nilai Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 10
https://www.kemenkeu.go.id 2016 diakses tanggal 15 April 2020 pukul 19.20 Wib
LKPP (2016). Laporan Keuangan Pemerintah tahun 2016. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/ diakses tanggal 14 April 2020 pukul 20.20 Wib
Pratama, I., G., B., A., & Wiksuana, I., G. B., (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel Mediasi, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5
Septyaningrum, M., (2020). Pengaruh penghindaran pajak, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan transparansi informasi sebagai variabel moderasi. 1–6. Prosiding Seminar Nasional Pakar ke-3 Tahun 2020
Ilmiani, A., dan Sutrisni, C.R (2014) Pengaruh Tax Avoidance terhadap Nilai perusahaan dengan Transparansi Perusahaan sebagai Variabel Moderating, Fakultas ekonomi, Universitas Pekalongan
Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2019). The Effect Karakter Eksekutif, Intensitas Modal, Dan Good Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empirispada Perusahaan Manufaktur Sektor Food & Beverages Idx Tahun 2014-2018). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Kartolo, R., & Sugiyanto, S. (2019). Effect Profitabilitas Dan Pajak Terhadap Keputusan Pendanaan Dengan Growth Sebagai Variabel Moderating.
Kartolo, R., & Sugiyanto, S. (2019). Effect Profitabilitas Dan Pajak Terhadap Keputusan Pendanaan Dengan Growth Sebagai Variabel Moderating.
Sugiyanto, S., & Candra, A. (2020, February). Moderating Good Corporate Governance Effect Sales Growth, Conservatisme Accounting And Liquidity Risk Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Dan Jasa Keuangan Terdaftar Bei). In Proseding Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 2, No. 1).
Sugiyanto, S., & Candra, A. (2020, February). Moderating Good Corporate Governance Effect Sales Growth, Conservatisme Accounting And Liquidity Risk Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Dan Jasa Keuangan Terdaftar Bei). In Proseding Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 2, No. 1).
Sugiyanto, S., & Candra, A. (2019). Good Corporate Governance, Conservatism Accounting, Real Earnings Management, And Information Asymmetry On Share Return. Jiafe (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 4(1), 9-18.
Sugiyanto, S., & Candra, A. (2019). Good Corporate Governance, Conservatism Accounting, Real Earnings Management, And Information Asymmetry On Share Return. Jiafe (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 4(1), 9-18.
Sugiyanto, S., & Candra, A. (2019). Good Corporate Governance, Conservatism Accounting, Real Earnings Management, And Information Asymmetry On Share Return. Jiafe (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 4(1), 9-18.
Sugiyanto, S. (2019). The Liquidity, Profitability, Good Corporate Goverance, Corporate Value Committee. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Sugiyanto, S., Syafrizal, S., & Kartolo, R. (2020). The Effect Of Income Persistency, Capital Structure And Tax Allocation Between Period Of Earning Quality With Company Size As Moderating Variables. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Andianto, A., & Sugiyanto, S. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Suripto, S. (2020, February). Pengaruh Pemanfaatan Tax Haven, Withholding Taxes, Dan Ukuran Komite Audit Terhadap Praktik Thin Capitalization. In Proseding Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 2, No. 1).
Syarifudin, S., Nugroho, A. R., Yuwono, A. S., Suripto, S., & Asmedi, S. (2020). Strategi Naikan Omzet Lewat Online. Abdimisi, 1(2), 113-118
Suripto, S. (2019). Corporate Social Responsibility And Creating Shared Value: A Preliminary Study From Indonesia. International Journal Of Contemporary Accounting, 1(1), 25-38
Suripto, S. (2019). Pengaruh Tarif Pajak, Earning Per Share Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Renaissance, 4(01), 479-494.
Prasetyorini, B., F., (2013). Bhekti Fitri Prasetyorini; Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu ManajemenVolume 1 Tarihoran, A., (2016). Pengaruh Penghindaran Pajak dan Leverage terhadap Nilai perusahaan dengan variabel Transparansi perusahaan sebahai variabel Memoderasi, Jurnal Wira Ekonomi
Mikroskil Volume 6 tahun 2016, 149–164.