RANCANG BANGUN ROBOT PENGINTAI DENGAN KENDALI ANDROID

Authors

  • Ari Sugiharto Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Sri Sri Windiyanti Universitas Teknologi Yogyakarta

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan sistem kamera pengintai keamanan yang bersifat statis, yaitu rentan terdapat area titik buta pada hasil pengamatannya. Target khusus penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana cara memanfaatkan penerapan aplikasi teknologi robotik dan perkembangan ponsel pintar untuk mengatasi kendala dalam permasalahan nyata.

Penelitian ini membuat sebuah robot pengintai yang dikendalikan menggunakan Smartphone. Pada robot tersebut terdapat kamera yang digunakan untuk mengambil gambar di sekitar kemudian ditampilkan pada Smartphone dan PC Server. Robot ini dibuat menyerupai bentuk mobil yang dapat bergerak maju, mundur, kanan, dan kiri. Pergerakan roda robot mobil dikendalikan menggunakan smartphone melalui modul Bluetooth. Sedangkan untuk menggerakkan kamera dan untuk menyimpan hasil kamera menggunakan PC Server yang terhubung dengan WiFi.

Parameter performa robot pengintai yang diujikan sebagai standar adalah kemudahan robot untuk dimuati sensor tambahan, kemampuan manuver gerak robot, kemampuan pengambilan dan transfer data gambar pengintaian, serta kemudahan sistem kendali untuk diintegrasikan dengan tambahan unit robot pengintai lebih dari satu.

Kata Kunci : Robot Mobil, Smartphone, Kamera Pengintai

Downloads

Published

2017-12-08