STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DINAS KOPERASI DAN UKM KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Ali Zaenal Abidin Universitas Pamulang
  • Moh. Budi Dharma Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

        

                Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mempunyai fungsi yang strategis dalam perekonomian nasional, khususnya di wilayah Kota Tangerang Selatan. UMKM berperan untuk penyerapan tenaga kerja dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Jumlah UMKM yang besar dapat dimanfaatkan menjadi mitra pemerintah dalam mengelola sumber daya. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia harus mampu mengelola sumber daya yang ada demi sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Sumber daya yang ada tidak hanya berkaitan dengan alam tetapi juga potensi-potensi lainnya, seperti potensi pasar yang besar, potensi kemajemukan bangsa dan teknologi.

         Pada penelitian ini digunakan pendekatan Kualitatif. Dimana penulis menggunakan wawancara, observasi langsung ke lapangan dan analisis bahan-bahan tertulis sebagai sumber data utama.

         Strategi Pengembangan UMKM Kota Tangerang Selatan oleh Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan sudah cukup baik. Pengembangan UMKM yang selama ini berbentuk pelatihan, bimbingan teknis maupun workshop kewirausahaan yang diikuti oleh para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan sudah memberikan efek positif bagi beberapa pelaku UMKM, walaupun belum semua UMKM mampu mengimplementasikan apa yang sudah diberikan saat pelatihanyang di adakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan.

 

Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil Menengah, Strategi Pengembangan

Downloads

Published

2017-12-08