SITU GINTUNG SOUTH TANGERANG EFFECT OF SERVICE QUALITY TOWARDS PATIENT SATISFACTION AT THE PUBLIC HEALTH CENTRE OF
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Situ Gintung Tangerang Selatan. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Puskesmas Situ Gintung dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100 (digenapkan), sampling dengan teknik aksidental. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier, Uji Koefisien Determinan, Uji Hipotesis (Uji t). Hasil Penelitian diperoleh: Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Situ Gintung Tangerang Selatan. Model regresi linier Y = 1,220 + 0,908X, nilai R=0,908 (korelasi positif sangat kuat), dan Nilai kontribusi adjusted R² sebesar 0,823 serta Nilai t hitung 21,473 (> t tabel 1,660 ), nilai sig. 0,000 (<0,05).
Keywords: Quality of Service, Patient’s Satisfaction, Public Health Centre of Situ Gintung