PENGARUH FAKTOR KEAGAMAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA BANK SYARIAH

Authors

  • Lia Aprilia Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Monica Maulida Widiastuti Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • R.A Amanda Putri S.S Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Serly Nufia Juliana Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Adhitya Putri Pratiwi Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Keywords:

keagamaan, kualitas pelayanan, keputusan nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor keagamaan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah cabang pamulang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan ukuran sample 30 nasabah Bank Mandiri Syariah Cabang Pamulang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data  primer dengan melakukan pengisian kuesioner yang di berikan kepada nasabah bank mandiri syariah cabang  panulang. Berdasarkan  hasil penelitian, maka didapatkan temuan bahwa faktor keagamaan dan  kualitas  pelayanan berpengaruh pada keputusan nasabah untuk menggunakan jasa bank syariah. semakin tinggi tingkat keagamaan dan semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh bank maka akan semakin tinggi minat nasabah menggunakan jasa Bank Mandiri Syariah Cabang Pamulang.

References

Atmojo, Kusuma A. 2017 “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Pembiayaan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah BPRS Khasanah Ummat Purwokertoâ€.

Diana, Susanti M. 2016 “Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di BMT Bina Umat Sejahtera Kalijambeâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri, Surakarta.

Kamila, Intan. 2017 “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabahâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah, jakarta.

Maghfiroh, Sayyidatul. 2018 “Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihatâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurani, Yani S. 2013. “Pengaruh Faktor Keagamaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariahâ€.skripsi. Fakultas Syariah, Muamalah Ekonomi Perbankan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjanah, Cirebon.

Nurlinda. dan Zuhirsyan, Muhammad. 2017 “Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariahâ€. Skripsi, Prodi Keuangan dan Perbankan Syariah, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan.

Rahmanto, Khanif. 2016 “Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Desa Sraten Kab. Semarang Untuk Menabung Di Bank Syariahâ€. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri, Salatiga.

Wulandari, Ika S. 2018 “Analisis Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Bank Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Interveningâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Progam Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri, Salatiga.

Yogiarto, Atanasius H. 2015 “Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabahâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulianti, Rika. Sangen, Marijati. dan Rifani, A. 2016 “Pengaruh Nilai-NilaiAgama, Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Banjarmasinâ€, Program Magister Manajemen, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Downloads

Published

2020-11-26