PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Desi Nurul Hikmati Ilahiyah Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Ika Sopiah Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Nurul Lanoria Putri Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Putri Kurnia Sari Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Nisak Ruwah Ibnatur Husnul Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Keywords:

Earning Per Share, Pertumbuhan Penjualan, Harga Saham, Perusahaan Farmasi

Abstract

Dalam berinvestasi di pasar modal salah satu hal yang harus diperhatikan adalah harga saham. Harga saham yang diperdagangkan di bursa efek berkaitan dengan prestasi yang dicapai perusahaan. Harga saham tersebut dapat dipengaruhi oleh earning per share (EPS) dan pertumbuhan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh earning per share (EPS) dan pertumbuhan penjualan  terhadap harga saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 11 perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI dan diambil sampel melalui teknik purposive sampling sebanyak 9 perusahaan periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial EPS berpengaruh positif dan siginifikan terhadap harga saham karena EPS memiliki nilai thitung (54.435) > ttabel  (2.02439), disisi lain pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham  karena pertumbuhan penjualan memiliki nilai thitung (-3.525 ) < ttabel (-2.02439). Secara Simultan EPS dan pertumbuhan penjulan berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham karena diperoleh hasil Fhitung (1560.773) > Ftabel (3.25).

References

Ang. R. (1997). Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Arifin, A. (2001). Membaca Saham Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset..

Arifin, A. (2007). Membaca Saham. Yogyakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id)

Eugene F., Brigham dan Joel F., Houston.(2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Frank, F. J. (2000). Manajemen Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS Edisi 7. Semarang: Penerbit Unversitas Diponegoro

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Cetakan Kedua belas. Jakarata: PT. RajaGrafindo Persada.

Munawir. (2001). Akuntansi Keuangan dan Manajemen Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Pontjowinoto, I.P. (2003). Prinsip Syariah di Pasar Modal (Pandangan Praktisi). Jakarta: Salemba Empat.

Sapitri, D.P., dan Soedjatmiko. (2013). Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Asuransi yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2011. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 6, No.1, Maret 2013: STIE Nasional Barjarmasin.

Selfiyanti. (2017). Pengaruh earning per share (EPS) dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada PT. Gudang Garam, Tbk. Dan Entitas Anak. Jurnal FinAcc, Vol 1, No. 12, April 2017: STIE Widya Dharma Pontianak.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Kedua Puluh. Bandung: CV Alpabeta.

________. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alpabeta.

Suripto. (2019). Pengaruh Tarif Pajak, Earning Per Share Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Renaissance, Volume 4, No. 01, Mei 2019: Universitas Pamulang.

Tjiptono, D dan Fakhruddin, H.M. (2006). Pasar Modal di Indonesia Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, D dan Fakhruddin, H.M. (2012). Pasar Modal di Indonesia edisi ketiga. Jakarta:Salemba Empat.

Downloads

Published

2020-09-30