PENGARUH PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA BANK SYARIAH MANDIRI
Keywords:
Produk, Pelayanan, KeputusanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah. Peneliti menguji variabel-variabel tersebut yang diduga berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang memiliki duavariabel independen, yaitu produk dan pelayanan. Dan keputusan sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden dengan teknik accidental sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan denga nmenggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa secara uji individual (uji T test) variabel produk berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah, variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah, dan religiusitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Berdasarkan uji statistik menghasilkan bahwa produk dan pelayanan secara bersama-sama (simultanatau F test) memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah. Produk dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan jasa bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung 86.942 dengan signifikan si 0,000, lebih kecil dari 0,05. Kemudian hasil dari adjust R square (R2 ) yang diperoleh 0,743 (74,3%). Hal ini berarti produk dan pelayanan berpengaruh positif dan mempengaruhi 74,3% keputusan nasabah untuk menggunakan jasa bank syariah. Sedangkan sisanya sebesar 25,7% dijelaskan variansinya oleh variabel lain di luar model.
References
Ali, Zainuddin. Hukum Perbankan Syariah, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Antonio, Muhammad Syafii. Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: GemaInsani, 2016. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi revisi Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Basrowi dan Suwandi. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Cooper dan Schinder. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Rineka Cipta, 2011
Depag RI, Al- Qur’an Tajwid dan Terjemah, Bandung: CV Penerbit Diponegoro2012. Dewan Pengurus Nasional FORDEBI dan ADESY. Ekonomi dan Bisnis Islam seri konsep dan aplikasi ekonomi dan bisnis Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2016.
Ghazali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,Semarang:Badan Penerbit UNDIP, 2009.
Glock dan Stark, dkk. Psikologi Terapan, Mengupas Dinamika Kehidupan Umat Manusia (Yogyakarta: Darussalam, 2004)
Hakim, Lukman. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, Penerbit Erlangga, 2012
Kasmir. Pemasaran Bank, Jakarta: Kencana, 2005
---------. Manajemen Perbankan, Jakarta: Rajawali Pers, 2005
Kotler, Philp. Dasar-Dasar Pemasaran jilid 2, Jakarta: Prenhallindo, 1997.
Lupioadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba empat, 2000 Muhammad, Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: AMPYKPN, 2002.
Naf’an. Pembiayaan Musyarakah dan Mudharabah, Yogyakarta:Graha Ilmu,2014
Nurul Huda, Mohamad Heykal. Lembaga Keuangan Islam, tinjauan teoritis dan praktis, Jakarta: Kencana. Mei 2010.
Priyatno, Duwi. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis dan Penelitian SPSS, Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Soemitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta 2013.
------------, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008
Suharsaputra,Uhar.Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan tindakan,Bandung Refika A 2014
Sujarweni, V. Wiratna. Metode Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian Yogyakarta: Andi Offset.
Sunyoto, Danang. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi dan kasus Yogyakarta: Caps, 2012.
Sutisna. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: Rosda, 2002.
Tika, Moh. Pabundu. Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Tjiptono, Fendi. Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Bayumedia, 2011.
Yusanto, Muhammad Ismail. Muhammad Karebet Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
Alfi Mulikhah Lestari. “Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariahâ€.Jurnal Ilmiah, (Malang, 2015).
Asraf. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaraman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator, e-journal apresisasi ekonomi volume 2 nomor 1 Januari 2014.
Bagja Sumantri. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan Terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariahâ€, jurnal economia, Vol 10 nomor 2 (Oktober, 2014).
Dewi Nur Ika. Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Atribut Produk Islam
Terhadap Kepuasan Nasabah pada BRI cabang Malang, Malang, 2013.
EL-JIZYA, Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Produk Simpanan Pada BSM Cabang Purwokerto, jurnal Ekonomi Islam, volume 4 nomor 1 Juni 2016
Faridhah Nur Azizah. “Pengaruh Religiusitas, Pemahaman Produk ,dan Pelayanan Terhadap Permintaan Pembiayaan di KSU Ja’far Medika Syariahâ€, skripsi(2017).
Ghozali Maski.“ Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik, Studi pada Bank Syariah Malangâ€, Jounal of Indonesia Applied Economics, Vol 4 No. 1 ( Mei. 2010). Jabnour, Naceur. Islam and Management,
Riyadh:International Islamic Publishing Publishing House, 2005. Misbach Irwan. Perbandingan Kualitas Layanan Bank Syariah dan Bank Konvensional (pendekatan model PBZ), Jurnal Keuangan dan Perbankan, volume 20 nomor 1 Januari2016.
Nidaul Chusnah. “Pengaruh Religiusitas, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang PembantuMagelangâ€, skripsi (2016).
Toni Prasetyo Utomo. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariahâ€, Artikel jurnal,( Malang, 2014).
Trisera Reny Hapsari, Pengaruh Kualitas Produk dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Muamalat Indonesia, studi kasus pada kantor kas Baiturrahman Bank Muamalat Indonesia.
Yoiz Shofwa. “ Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Produk Simpanan Pada BSM Cabang Purwokertoâ€,Jurnal Ekonomi Islam, El-Jizya,Vol 4 nomor 1 ( januari - Juni, 2016).