ASPEK HUKUM DAN ANALISIS PENGELOLAAN DAN PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENGURANGAN MARINE DEBRIS PADA KAWASAN WISATA PESISIR PANTAI PALLIPIS POLEWALI MANDAR

Authors

  • Eka Dewi Kartika Program Studi Hukum, FISIP, Universitas Sulawesi Barat
  • Salma Laitupa Program Studi Hukum, FISIP, Universitas Sulawesi Barat
  • Asrullah Asrullah Program Studi Hukum, FISIP, Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.32493/SKD.v10i2.y2023.37108

Keywords:

Marine debris, Partisipasi Perempuan, Wisata Pesisir

Abstract

Penelitian ini menganalisis aspek hukum pengelolaan marine debris di Kab. Polewali Mandar, khusunya di kawasan wisata pantai pallipis. Penanganan marine debris atau Sampah Laut perlu untuk diimplementasikan sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah daerah yang mempunyai kewenangan dalam pelaksanaan pemenuhan Indikator Kinerja Utama pengelolaan Marine Debris melalui program pembersihan sampah laut dan pembangunan budidaya pesisir, yang merupakan program terstruktur yang merupakan gerakan nasional dari pusat hingga daerah. Adapun bentuk dari partisipasi perempuan-perempuan yang tinggal di kawasan wisata pesisir pantai pallipis dalam melakukan pengurangan marine debris yakni dengan memiliki keterampilan pengelolaan marine debris dengan cara mengkategorikan marine debris, pertama mega debris dengan metode pengelolaan 2R (reuse dan repair) dan marine debris dengan kategori micro debris dengan metode pengelolaan 4R (reuse, repair, refill,recycle).

References

Agus dwi putra, yayi febdia, moh omar, analisis material polimer ramah lingkungan berbahan rumput laut e-cottoni sebagai kandidat pengganti kemasan plastic, Jurnal Taman Vokasi, 2022, Vol 10, No 2.

Devi Bwiyanti Suryono, Sampah Plastik diperairan Pesisir dan laut:implikasi kepada ekosistem pesisirdi DKI Jakarta, Jurnal Riset Jakarta, 2019, Vol 12 No 1.

Gledys Deyana, Arie Afriansyah, Penanggulangan pencemaran sampah plastic di laut berdasarkan hukum internasional, Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan, 2020, Vol 8, No 3.

Hidayat Chusnul Chotimah, Muh Ridha, Lucitania, Model Collaborative Governance dalam pengeliolaan sampah plastic laut guna mewujudkan ketahanan lingkungan maritime di kepulauan seribu, jurnal ketahanan nasional, 2021, Vol 27, No 3.

Iyan Awaluddin, Sistem Pengangkutan Sampah di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar, Jurnal Palano Madani, 2020, Vol 9, No 2, Sistem Pengangkutan Sampah di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar | Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota (uin-alauddin.ac.id).

Mahyudin, R.P. (2017). Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Jukung Jurnal Teknik Lingkungan, 3(1).

Moh. Hasyim dan Siti Ruhama Mardhatillah, “Asas Otonomi Daerah dalam Penegakan Hukum terhadap Izin Lingkungan†Jurnal Bina Hukum Lingkungan Volume 5 Nomor 1 (Oktober, 2020).

Nining Wahyu,Angkasa Putra, Muh Rafly, Herianto, Identifikasi Sampah Laut berdasarkan jenis dan massa di perairan pulau Lae-Lae Kota Makassar, Jurnal Pengelolaan Perikanan Tropis, 2020, Vol 4, No 2.

Sahil, J., Al Muhdar, M.H.I., Rohman, F., & Syamsuri, I. (2016). Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate. Universitas Khairun, 4(2).

Septian wisnu sandar dan arlini dyah radityaningrum, kajian kelimpahan microplastik di biota perairan, jurnal ilmu lingkungan, 2021, vol 19, isu 3

TKN PSL, Polewali Mandar (spesial data land-based) [internet] [cited 2023 april 1], available from: https://Sampah Laut - Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut.

Downloads

Published

2023-12-22