Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Kompetensi Aparatur Desa, dan SPI Dengan TI Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Study kasus di desa kecamatan Brondong kabupaten Lamongan)

Authors

  • Febry Miftakhul Huda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/skt.v5i3.16397

Keywords:

Kata Kunci, Partisipasi Masyarakat, Kompetensi Aparatur Desa, Sistem Pengendelian Internal, Teknologi Informasi, dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Partisipasi Masyarakat, Kompetensi Aparatur Desa, dan SPI Dengan TI berpengaruh Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa pada. Sampel dalam penelitian ini adalah pemerintah desa pada 10 desa di Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan sejumlah 60 orang. Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Software PLS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Partisipasi Masyarakat berpengaruh terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Kompetensi Aparatur tidak berpengaruh terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Dan Sistem Pengendalian Internal dengan Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.

Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Kompetensi Aparatur Desa, Sistem Pengendelian Internal, Teknologi Informasi, dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.

Author Biography

Febry Miftakhul Huda, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa timur

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

prodi : Sarjana Akutansi

References

Abdullah, R. (2005). Pelaksanaan Otonomi Luas. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Adi, Rukminto Isbandi. (2008). Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat SebagaiUpaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Adi, & Isbandi, R. (2007). Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arnstein, S. R. (1969). Arnstein-ladder-of-citizen-participation_en (1). Journal of American Institute of Planners.

Banga, W. (2017). Administrasi Keuangan Negara dan Daerah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fama, E. F., & Jensen, M. C. (1983). Agency Problems and Residual Claims. The Journal of Law & Economics, 26, 23. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/725105

Ghozali, I., Latan, & Hengki. (2012). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0M3. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., Latan, & Hengki. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartanto, E. (2017). Teori Kompetensi Manajemen Sumber Daya Manusia.

Heller, de K., Monahan, J., Price, R. H., Reinharz, S., Riger, S., & Más, 4. (1984). Psychology and Community Change.

Holil, S. (1980). Partisipasi Sosial Dalam Usaha Kesejahteraan Sosial. Bandung: Badan Penelitian dan Pengembangan Sosial.

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Huraerah, A. (2008). PENGORGANISASIAN dan PENGEMBANGAN MASYARAKAT: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Humaniora, 2008.

Indonesia, K. R. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. In Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Desa.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Loekman, S. (1995). Menuju Masyarakat Partisipatif. Yogyakarta :Kanisius.

Mada, S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2017). Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa, dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kabupaten Gorontalo. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING ‘GOODWILL’. https://doi.org/10.35800/jjs.v8i2.17199

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Medianti, L. (2018). Pengaruh Kompetensi Aparatur, Komitmen Organisasi dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris pada Desa - Desa di Kabupaten Bintan). Jom Feb.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Moeheriono. (2018). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi.

Murhada, & Giab. (2011). Pengantar Teknologi Informasi. Tanggerang: Mitra Wacana Media.

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Nurkhasanah, I. (2019). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Partisipasi Penganggaran, Pengawasan dan Komitmen Organisasi Pemerintah Desa Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris pada Desa se-Kecamatan Pringsurat).

Peraturan, P. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Perdana, K. W. (2018). Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi Pemerintah Desa, Partisipasi Masyarakat dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Bantul. Program Studi Akuntansi. Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta.

Permendagri No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. (n.d.).

Ross, M., & Lappin, B. W. (1967). Community Organization; Theory, Principles, and Practice. New York, Harper & Row.

Saragih, R., & Agung, S. (2017). Peran Komunikasi politik Pemerintah dalam Upaya Peningkatan Partisipatif Masyarakat dalam Pemanfaatan Dana Desa. Vol. 7 No. 1 (2017).

Sholihin, & Ratmono. (2013). Sholihin dan Ratmono, 2013:2 (1st ed.). CV Andi Offset, Yogyakarta.

Soleh, Chabib, & Rochansjah, heru. (2014). Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung: Fokusmedia.

Sugiarti, E., & Yudianto, I. (2017). Analisis Faktor Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Partisipasi Penganggaran Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Proceedings Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (cetakan 23). Bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Akuntansi Desa: Panduan Tata Kelola Keuangan Desa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, W. (2015). Akuntansi Desa : Panduan Tata Kelola Keuangan Desa. Pustaka Baru Press.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Ulum, I. (2005). Akuntansi Sektor Publik Sebuah Pengantar. Malang: UMM Press.

Undang-Undang (UU) No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. (n.d.).

Uphoff, N. T., & Cohen, J. M. (1977). Rural development participation : concepts and measures for project design, implementation and evaluation. New York : Itacha.

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta:Rajawali Per.

Wilkinson, J, W., & Cerullo, M. (2000). Coounting Information System: Essential Concept and Aplication. (Edisi 3). New York: John Willey and Sons.

Downloads

Published

2022-05-01