Faktor Penentu Sikap Penggunaan Platform Pembayaran Digital bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Kreatif

Authors

  • Lathif Hanafir Rifqi UIN WALISONGO SEMARANG
  • Ana Zahrotun Nihayah UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/skt.v6i1.22420

Keywords:

Creative Micro Small Business, Digital Payment Platform, Attitude

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengisi kekosongan dari penelitian sebelumnya mengenai digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Digitalisasi UMKM pada penelitian sebelumnya kebanyakan berbicara dari perspektif pemangku kebijakan. Penelitian ini hadir untuk menggali faktor penggunaan Platform pembayaran digital dari sisi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) kreatif itu sendiri. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan memperhatikan sample jenuh. Hasil penelitian didapatkan tiga hal yang menjadi faktor rendahnya penggunaan platform pembayaran digital bagi UMK kreatif. Ketiga faktor tersebut adalah literasi keuangan, infrastruktur, dan literasi digital. Temuan penting selanjutnya adalah hal penting pemicu ketiga faktor yang disebutkan adalah tingkat pendidikan rendah dari pelaku UMK Kreatif

This research was conducted for research from previous research regarding the digitization of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The digitization of MSMEs in previous studies mostly spoke from the perspective of policy makers. This research is here to find factors in the use of digital payment platforms from the side of creative Micro Small Business (UMK) actors themselves. The method used is purposive sampling by paying attention to saturated samples. The results of the study found three factors that contributed to the low use of digital payment platforms for creative MSEs. The third factor is financial literacy, infrastructure, and digital literacy. The next important finding is the important thing that triggers the three factors mentioned is the low level of education of Creative UMK actors.

References

Ain, N., Novianti, R., Solfiah, Y., & Sari, E. P. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Orang Tua Anak Usia Dini di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Riau. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1972). Attitudes and normative beliefs as factors influencing behavioral intentions. Ournal of Personality and Social Psychology, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1037/h0031930

Astri Rumondang et all. (2019). Fintech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Azwar S. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukuran. November, 51–63.

BPK. (2014). Peraturan BI No. 16/8/PBI/2014 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money).

Cindy Mutia Annur. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. Prosiding Seminar Nasional …, 2(1), 1179–1184. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/8457%0Ahttp://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/viewFile/8457/6236

Hadion Wijoyo, Hamzah Vensuri, Musnaini Widiyanti, Denok Sunarsi, Haudi, Dodi Prasada, Lily Setyawati Kristianti, Asep Muhammad Lutfi, I. R. A. (2020). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri.

Hervé, A., Schmitt, C., Baldegger, R., & Schwab, K. (2016). TIMReview_2020_April - 1.

Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998).

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,†9(1), 195–204.

Ilomäki, L., Kantosalo, A., & Lakkala, M. (2011). What is digital competence. Linked Portal. Brussels: European Schoolnet ( …, March, 1–12. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:What+is+digital+competence+?#0

Jayalath, J. A. R. C., & Premaratne, S. C. (2021). Analysis of Key Digital Technology Infrastructure and Cyber Security Consideration Factors for Fintech Companies. International Journal of Research Publications, 84(1), 128–135. https://doi.org/10.47119/ijrp100841920212246

Jogiyanto, H. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Revi). Andi.

Karami, M., & Read, S. (2021). Co-creative entrepreneurship. Journal of Business Venturing, 36(4). https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0883902621000355

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.

Kompasiana. (2019, October 24). 7 Industri Kreatif yang Ada di Jepara. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/arwork/5db14afc097f366ebc62dff2/7-industri-kreatif-yang-ada-di-jepara?page=1&page_images=1

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Manurung, A. H. & L. T. R. (2009). Succesful Financial Planner: A Complete Guide. PT. Grasindo.

Martin, A. (2005). DigEuLit – a European Framework for Digital Literacy: a Progress Report. Journal of ELiteracy, 2, 130–136.

Najib, M., & Fahma, F. (2020). Investigating the adoption of digital payment system through an extended technology acceptance model: An insight from the Indonesian small and medium enterprises. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 10(4), 1702–1708. https://doi.org/10.18517/ijaseit.10.4.11616

Nasution, E. Y., & Indria, T. (2021). Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi, 2(1), 797–805. http://research-report.umm.ac.id/index.php/API-BAA/article/view/4022

Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start Up Digital Bussiness: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i1.701

OJK. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Ojk.Go.Id. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx

Prokopenko, O., Shmorgun, L., Kushniruk, V., Prokopenko, M., Slatvinska, M., & Huliaieva, L. (2020). Business process efficiency in a digital economy. International Journal of Management, 11(3), 122–132. https://doi.org/10.34218/IJM.11.3.2020.014

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32

Saragih, S. P. (2019). Technology Acceptance of Digital Payment System Pada Pelaku Umkm Di Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 7(2), 82–90. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1402

Seftarita, C., & Azra, U. (2017). Analisis Peluang Penggunaan Layanan Keuangan Digital (Lkd) Pada Masyarakat Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Jurnal Ekombis, III(1), 1–16. http://180.250.41.45/ekombis/article/view/385

Shalahuddinta, A., & Susanti. (2014). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pengalaman Bekerja, dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–10.

Sunardi, N. (2017). Determinan Intelectual Capital dengan Pendekatan iB-VAICâ„¢ Terhadap Efisiensi Biaya Implikasinya Pada Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N. (2019). Relevansi Intelectual Capital terhadap Harga dan Retun Saham di Industri Perbankan Pemerintah di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).

Takon, S. M., Nsofor, E. S., Ugwuegbe, S. U., Nwonye, N. G., & Ekeh, C. C. (2019). Journal of Economics , Finance and Accounting Studies ( JEFAS ) Impact of Digital Payment System on the Efficiency of the Nigerian Banking Sector. c, 19–27.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Wardani, A. P. Y. K., & Darmawan, N. A. S. (2020). Peran Financial Technology pada UMKM: Peningkatan Literasi Keuangan Berbasis Payment Gateway. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 170. https://doi.org/10.23887/jiah.v10i2.25947

Zahra, H. Al, Febrian, E., & Amar, S. C. D. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Intensi Pengurus Koperasi Untuk Menggunakan Platform Layanan Keuangan Digital di Kota Bandung. Jurnal Manajemen, 10(2), 155. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v10i2.2572

Downloads

Published

2022-09-01