PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-PRESENSI KARYAWAN PADA TOKO BUAH BERBASIS QR CODE

Authors

  • Shandi Noris universitas Pamulang
  • Ahmad Fikri Zulfikar
  • Ibnu Fajar Yusuf

Keywords:

Kehadiran, QR Code, PHP, MySQL

Abstract

Teknologi pada saat ini sudah mulai berkembang dengan sangat pesat. Banyak sekali alat yang sudah ditemukan untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya adalah Quick Response code (QR code). QR code adalah salah satu kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dibuat untuk mempermudah alat pemindai untuk menyampaikan respon dengan cepat dan menerima data dengan cepat pula. QR code dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan data kehadiran  karyawan pada sebuah perusahaan. QR code dapat digunakan untuk membantu proses pengelolaan data dalam database. Komponen utama pada sistem ini adalah kamera smartphone sebagai Scanner untuk membaca QR code yang disediakan. QR code yang disediakan pada personal computer akan terus berganti setiap detik agar lebih meminimalisir adanya manipulasi, dan Personal Computer (PC) untuk menjalankan sistem aplikasi ini dirancang dengan bahasa pemrograman hyperText prepocessor (PHP) dengan Framework codeigniter dan MySQL untuk pembuatan database. Hasil dari pengujian, sistem aplikasi yang dilakukan oleh admin melalui metode blackbox telah berhasil berjalan sesuai dengan rencana awal yaitu untuk membantu proses catat data kehadiran agar lebih efektif dan efisien dan camera smartphone dapat membaca QR code yang telah disediakan secara akurat. Proses input data kedalam database dapat berjalan dengan baik sesuai rancangan.

References

Avidan, A., Weissman, C., & Levin, P. D. (2015). Integration of QR codes into an anesthesia information management system for resident case log management. International journal of medical informatics, 84(4), 271-276.

Bhardwaj, N., Kumar, R., Verma, R., Jindal, A., & Bhondekar, A. P. (2016). Decoding algorithm for color QR code: A mobile Scanner application. In Recent Trends in Information Technology (ICRTIT), 2016 International Conference on (pp. 1-6). IEEE.

Hidayatullah, et.al (2017) menyatakan, “phpMyAdmin adalah tool open source yang ditulis dalam bahasa PHP untuk menangani administrasi MySQL, berbasis World Wide Web.â€

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Romney, M.B., Steinbart, P. J. (2015). Accounting information systems 13th edition. UK: Pearson Educated Limited.

Sasmito, G. W. (2017, Januari). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT(JPIT), ii, 6-12.

Sukamto, Rosa Ariani dan Shalahuddin M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informasi Bandung.

Published

2020-10-26