Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Dengan Menggunakan Model Extreme Programming (Xp)

Authors

  • Dhiki Sulias Universitas Pamulang
  • Rahmawati rahmawati Universitas Pamulang
  • Maulana Ardhiansyah Universitas Pamulang

Keywords:

Teknologi, E-commerce, Extreme Programming, Website.

Abstract

Butik Umi Dian Collection adalah toko butik yang memiliki konsep penjualan fashion wanita. Butik Umi Dian Collection sudah menerapkan pemasaran produk melalui toko fisik. Namun, melihat perkembangan Teknologi Informasi yang bergerak sangat cepat, Butik Umi Dian Collection ingin menerapkan teknologi berbasis web. Penerapan e-commerce berbasis web dalam pembelian barang diharapkan dapat mengikuti tahapan perkembangan Teknologi Informasi baru dibidang penjualan dan dapat memudahkan customer untuk melakukan pembelian barang kapan saja dan di mana saja mereka berada. Dari permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini, peneliti merancang aplikasi e-commerce berbasis web yang dapat membantu customer dalam berbelanja secara online kapan saja dan di mana saja mereka berada tanpa harus datang ke lokasi. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode berorientasi objek dengan pengembangan Extreme Programming (XP) yang terdiri dari fase exploration, planning, iterations, dan  productionizing. Penelitian ini juga menggunakan user story sebagai analisa kebutuhan user. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai database-nya, dan pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode pengujian Black Box, dan White Box. Berdasarkan implementasi dan pegujian hasil akhir yang telah dilakukan, terbukti bahwa dengan merancang sistem aplikasi E-commerce berbasis website pada Butik Umi Dian Collection, dapat memudahkan dan mempercepat pihak toko dalam melakukan proses penjualan karena adanya aplikasi e-commerce berbasis web

References

I Made Adi Pranata, & Gede Sri Darma. (2014). Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Bali: Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Fergiawan. (2017). Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Lampung: Jurnal TAM.

Maulana Ardhiansyah. (2018). Perancangan Aplikasi Manajemen Service Perangkat ICT (Information and Comminucation Technologies) Berbasis Web.Pamulang: Jurnal ICT Akademi Telkom Jakarta.

Carey P. (2001). A Specially Commissioned Report The Internet and E-Commerce. London: Thorogood..

Kent Beck. (2000). Extreme Programming Explained. Boston: Addison Wesley..

Kristanto, 2013. Konsep dan Perancangan Basis Data Andi Offset. Yogyakarta.

Published

2021-06-14