Aplikasi Game Edukasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Mobile-Based Learning Media Education Game Application

Authors

  • Alvino Octaviano Universitas Pamulang
  • Cahyo Puto Prakos Universitas pamulang

Keywords:

game, smartphone, belajar

Abstract

Setiap anak pada zaman sekarang yang kategorinya adalah siswa pasti pernah menggunakan smartphone, kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk bermain game. Mereka beralasan bahwa game dapat dijadikan alat untuk refreshing saat jenuh dalam belajar. Namun pada kenyataannya mereka lebih banyak memainkan games yang tidak bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuannya dan malah menjadikan ketagihan sehingga lupa waktu untuk belajar. Citra game di masyarakat masih dipandang sebagai media yang menghibur di bandingkan media pembelajaran. Bahkan di pandang buruk oleh sebagian masyarakat karena melihat banyaknya kasus anak yang kecanduan game. Banyak dari masyarakat yang belum mengetahui tentang game edukasi, dikarenakan kurangnya games edukasi dibanding game yang lain. Padahal game yang berjenis edukasi ini bertujuan untuk memancing minat belajar anak terhadap materi pelajaran sambil bermain.

 

References

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazruddin Safaat H. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PBerbasis Android (Edisi Revisi). Bandung : Informatika.

Rosa A.S, & M.Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Kurniawan, H. 2017. Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Android.Jurnal Sistem Informasi dan Telematika. Universitas Bandar Lampung

Ilham Perdana. 2008. Petunjuk Penulisan Ilmiah, Perumusan Masalah, Pengumpulan Data

Penelitian, Petunjuk Tata Tulis Ilmiah. Handout Metodologi Penelitian

Mulyadi, S.T. 2010. Membuat Aplikasi Untuk Android. Yogyakarta : Multimedia

Center Publishing.

Published

2021-06-14