Perancangan Dan Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Atm Quick Response Dengan Pusat Data Bank Nobu

Authors

  • Farida Nurlaila Universitas Pamulang
  • Muhamad Rio Andika Universitas Pamulang

Keywords:

bank, ATM, pengaduan, quick response, Data center

Abstract

Kemudahan bertransaksi perbankan melalui ATM (Automated Teller Machine) dianggap jauh lebih praktis daripada harus mendatangi bank untuk melakukan transaksi. Namun, penggunaannya bukan tanpa kendala ketika banyak customer yang lebih banyak memilih bertransaksi menggunakan ATM. Pelayanan Pengaduan gangguan ATM pada Bank Nobu menjadi salah satu sorotan utama dikarenakan pengaduan gangguan ATM pada Bank Nobu memerlukan proses yang terlalu panjang dalam penyelesaiannya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu ide untuk merancang sebuah sistem layanan pengaduan permasalahan mesin ATM yang dapat memudahkan pengguna dalam memberikan pengaduan permasalahan secara langsung kepada Pusat Data, sehingga ATM langsung dapat ditangani permasalahannya secara cepat. Sistem layanan dirancang berbasis mobile agar memudahkan nasabah dalam menyampaikan gangguan pada ATM secara quick response dan langsung terhubung dengan data center. Berdasarkan kuesioner yang menggunakan skala rating scale yang di lakukan terhadap 20 orang responden. 20 orang responden terdiri dari nasabah dan teknisi. Aplikasi ini sudah cukup mempunyai efektivitas dalam penggunaannya, terbukti dari hasil pengujian kuesioner 93,75% dari 20 orang mengatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu.

References

D. S. Lubis, "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan ATM bagi Nasabah Perbankan," Jurnal At-Tijaroh Vol.3 No.1 , pp. 37- 55, 2017.

D. R. Novitaris, S. Marudur and R. P. Simanjuntak, "Sistem Pengendalian Intern atas Transaksi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) PT Bank Central Asia TBK," Jurnal Ilmiah Buletin Ekonomi Vol.18 No.2, pp. 54-63, 2014.

S. A. Rachmat, "Analisis Ketidakpuasan Nasabah Terhadap ATM Bank Permata Tbk," Jurnal Ekonomi Bisnis Vol.19 No.3, pp. 31-38, 2014.

W. Rinaldi, "Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kelolaan Mesin ATM," Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol.2 No.2, pp. 284-298, 2019.

D. S. Yansuri, "Improvisasi Pembacaan Error Code pada Mesin ATM Jika Terjadi Gangguan pada Cash Handler Fatal Error," Jurnal Teknik Elektro Vol. 7 No. 2, pp. 18-29, 2017.

L. Yunita, "Analisis pemanfaatan fungsi ATM terhadap peningkatan pelayanan nasabah pada PT. BCA TBK Medan," Jurnal Mantik Penusa Vol. 20 No. 1, pp. 31-37, 2016.

Published

2021-06-14